Tuntut Keadilan untuk Floyd, Eropa Gabung Unjuk Rasa Anti-Rasisme

Selasa, 09 Juni 2020 - 12:07 WIB
loading...
A A A
Artis hip hop Stormzy juga bergabung dalam tumpukan pendemo di London, meski larangan pembatasan sosial masih berlaku. Pada hari kedua demonstrasi, sebagian pengunjuk rasa baku hantam dengan polisi di Downing Street.

Di Bristol, kota yang dikenal sebagai pusat perdagangan perbudakan, patung Edward Colston telah dirobohkan dan dilempar menuju laut. Di Edinburgh, penyanyi Lewis Capaldi juga turut mendukung perjuangan melawan anti-rasisme. (Baca juga: Rusia: Masalah Rasisme di AS Sudah Terlalu Besar, Sulit Disembunyikan)

Di Lausanne, Swiss, para pengunjuk rasa kulit hitam membawa spanduk bertuliskan "Warga kulit kami bukan sebuah ancaman". "Pembunuhan Floyd membangunkan banyak orang terkait ketidakadilan," kata Ange Kaze.

Sejumlah lokasi di Brussels juga ramai dengan bentrokan, sedangkan demonstrasi di Kopenhagen berjalan dengan damai. Kerusuhan juga terjadi di Goteborg, Swedia. Sebanyak 2.000 orang dari 50 orang yang diperbolehkan telah berkunpul.

Pemerintahan Eropa berupaya mengendalikan situasi agar demonstrasi tersebut tidak menyebabkan wabah Covid-19 kembali menyebar luas. Di Prancis, puluhan ribu warga turun ke jalan raya. Para pemain Jerman juga berlutut untuk mengenang Floyd.

Resesi ekonomi dan marginalisasi selama Covid-19 membuat warga marah. Ketegangan sosial dan sikap Presiden AS Donald Trump juga membuat masyarakat semakin gerah. Perpecahan ras dalam skala besar tidak pernah terjadi di AS sejak 1960-an.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, demonstrasi di London telah diikuti dengan anarkisme. Dia mengatakan, setiap warga berhak melakukan protes, tapi tindak kekerasan tidak bisa dibenarkan dan berlawanan dengan tuntutan protes. (Baca juga: Pemerintah Diingatkan Hati-Hati Buka Sekolah di Zona Hijau)

Ribuan pendemo di seluruh Inggris melakukan demonstrasi secara damai. Namun, kerusuhan pecah di London hingga menyebabkan delapan petugas kepolisian terluka dan 12 pendemo ditangkap.

"Awalnya demo berjalan damai, tapi lambat laun pendemo melanggar protokol dan melakukan tindak kekerasan. Hal itu tidak bisa dibenarkan," kata Jo Edwards dari Metropolitan Police. Johnson juga mengutuk kekerasan terhadap aparat keamanan.

Seorang polisi dilaporkan mengalami luka di kepala. Pada malam hari, keamanan diserahkan kepada polisi anti-huru hara untuk menjaga ketertiban umum mengingat beberapa orang masih melakukan demo di Westminster. Para pendemo telah melemparkan botol kepada polisi sehingga polisi melakukan perintah pembubaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)