Jerman Wajibkan Semua Pelancong dari Inggris Jalani Karantina 2 Pekan

Minggu, 19 Desember 2021 - 21:00 WIB
loading...
Jerman Wajibkan Semua Pelancong dari Inggris Jalani Karantina 2 Pekan
Ilustrasi. FOTO/Reuters
A A A
BERLIN - Otoritas Jerman menyatakan, semua pelancong dari Inggris akan diminta untuk menjalani karantina selama dua pekan. Bahkan, jika orang tersebut memiliki hasil tes virus Corona negatif.

Jerman akan mengklasifikasikan Inggris sebagai area varian yang menjadi perhatian karena penyebaran cepat varian virus corona omicron di negara tersebut. Demikian diumumkan Institut Robert Koch Jerman pada Sabtu (18/12/2021), seperti dikutip dari Deutsche Welle.



Keputusan itu akan mulai berlaku pada Senin (20/12/2021). Pembatasan juga akan berlaku untuk wilayah Inggris di Isle of Wight dan Channel Islands. Langkah ini menempatkan Inggris ke dalam kategori risiko tertinggi seperti yang didefinisikan oleh pejabat Jerman.

Menurut Kementerian Kesehatan Jerman, area varian yang menjadi perhatian adalah area penyebaran varian virus yang dapat dipercaya menimbulkan risiko tertentu. Ini berarti bahwa varian tersebut menyebabkan gejala yang lebih parah atau bahwa vaksinasi atau pemulihan dari virus memberikan perlindungan yang terbatas.

Menteri Kesehatan Jerman Karl Lauterbach mengatakan, dia mengharapkan varian Omicron untuk melepaskan "gelombang kelima besar-besaran" dari pandemi. “Jerman harus bersiap untuk tantangan "yang belum pernah kita lihat dalam bentuk ini sebelumnya," kata Lauterbach.



Inggris saat ini sedang berjuang untuk menahan penyebaran cepat varian virus corona omicron. Pada hari Jumat, para pejabat Inggris melaporkan jumlah rekor lebih dari 93.000 kasus baru infeksi virus corona, dan lebih dari 90.000 kasus baru pada hari Sabtu.

Selain Inggris, sejumlah negara Afrika selatan telah diklasifikasikan sebagai wilayah varian virus sejak 28 November. Pelancong yang memasuki Jerman dari daerah varian virus menghadapi pembatasan yang lebih ketat daripada pelancong dari daerah yang hanya ditetapkan sebagai "berisiko tinggi."

Wisatawan yang memasuki Jerman dari daerah berisiko tinggi harus menjalani masa karantina 10 hari, yang dapat dikurangi menjadi 5 hari dengan hasil tes virus corona negatif. Pembatasan ini berlaku untuk orang yang belum sepenuhnya divaksinasi dan tidak dapat membuktikan bahwa mereka telah tertular virus corona dan pulih darinya.



Pemerintah Jerman menambahkan Prancis dan Denmark ke daftar daerah berisiko tinggi pada hari Minggu karena meningkatnya jumlah infeksi virus corona. Dengan tindakan ini, semua negara tetangga Jerman, kecuali Luksemburg akan dianggap sebagai daerah berisiko tinggi. Label ini juga berlaku untuk banyak negara lain di Eropa, Asia, dan Amerika.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)