Komandan Tertinggi Taliban Pakistan Lolos dari Serangan Drone

Jum'at, 17 Desember 2021 - 23:47 WIB
loading...
Komandan Tertinggi Taliban Pakistan Lolos dari Serangan Drone
Komandan tertinggi Taliban Pakistan lolos dalam serangan drone di rumah persembunyiannya di Afghanistan. Foto/REUTERS
A A A
ISLAMABAD - Komandan tertinggi Taliban Pakistan lolos tanpa cedera dari serangan pesawat tak berawak (drone) di rumah persembunyiannya di Afghanistan timur. Dia bernama Maulvi Faqir Mohammad.

Kelompok Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) pada Jumat (17/12/2021) mengonfirmasi bahwa serangan itu terjadi pada Kamis malam.



Serangan terjadi seminggu setelah gencatan senjata antara TTP dan pemerintah Pakistan runtuh, di mana kelompok gerilyawan menuduh Islamabad membunuh para milisinya.

TTP merupakan gerakan yang terpisah tetapi memiliki akar yang sama dengan Taliban Afghanistan yang saat ini berkuasa di Kabul. TTP telah menjerumuskan Pakistan ke dalam periode kekerasan yang mengerikan setelah dibentuk pada 2007.

Dua sumber TTP saat ini di Afghanistan mengatakan kepada AFP bahwa Maulvi Faqir Mohammad adalah target dari apa yang mereka gambarkan sebagai serangan pesawat tak berawak di sebuah kompleks di desa Chawgam, provinsi timur Kunar yang berbatasan dengan Pakistan.

"Maulvi Faqir Mohammad tidak hadir pada saat itu...dua milisi Tehreek-e-Taliban Pakistan terluka," kata salah satu sumber.

Kompleks itu digunakan sebagai pangkalan oleh para milisi TTP dari Pakistan yang melintasi perbatasan yang keropos dengan Afghanistan.

Mohammad pernah ditangkap oleh pemerintah Kabul sebelumnya yang didukung Amerika Serikat (AS). Dia menghabiskan bertahun-tahun di penjara Bagram yang terkenal di Afghanistan, tetapi dibebaskan setelah Taliban mengambil alih negara itu pada Agustus lalu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)