Biden Senang Finlandia Borong 64 Jet Tempur Siluman F-35 AS

Selasa, 14 Desember 2021 - 09:22 WIB
loading...
Biden Senang Finlandia Borong 64 Jet Tempur Siluman F-35 AS
Jet tempur siluman F-35 Lockheed Martin Amerika Serikat. Finlandia membeli 64 unit jet tempur canggih dan mahal tersebut. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden senang dengan keputusan Finlandia untuk membeli 64 unit jet tempur siluman F-35 Lockheed Martin. Menurutnya, langkah itu akan membuka jalan untuk mempererat hubungan militer di tahun-tahun mendatang dan berbagi keprihatinan tentang Rusia.

Berbicara dengan Presiden Finlandia Sauli Niinistö pada hari Senin (13/12/2021), Biden memuji keputusan Finlandia tersebut. Puluhan jet tempur F-35 itu akan menggantikan jet tempur F/A-18 buatan Amerika yang menua.



"Kedua pemimpin juga membahas keprihatinan bersama mereka tentang penumpukan militer Rusia yang tidak stabil di sepanjang perbatasan Ukraina dan pentingnya upaya transatlantik untuk meredakan situasi," kata Gedung Putih.

Menurut Gedung Putih, selama percakapan telepon, Helsinki mengatakan topik utama pembicaraan adalah situasi yang mengkhawatirkan di perbatasan Ukraina. "Kedua presiden menganggap penting untuk bekerja sama dalam rangka menemukan resolusi diplomatik untuk situasi yang tegang," lanjut Gedung Putih.

Niinistö juga mengatakan dia menghargai kebijakan "Pintu Terbuka" NATO. Namun, dia tidak menyebutkan soal pembelian F-35 sama sekali.

Dia, seperti dikutip Russia Today, mengatakan akan menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Selasa (14/12/2021).

Kesepakatan pembelian 64 unit F-35, yang diumumkan Jumat pekan lalu, bernilai 8,378 miliar euro (USD9,44 miliar). Selain jet tempur, kesepakatan itu juga mencakaup persenjataan dan pemeliharaan hingga 2030.

Komandan Angkatan Udara Pasi Jokinen mengatakan Finlandia berharap bisa mulai mengoperasikan jet tempur itu secara bertahap pada 2027.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)