Ilmuwan Temukan Varian Omicron Versi Siluman

Kamis, 09 Desember 2021 - 17:13 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Varian Omicron Versi Siluman
Ilmuwan dilaporkan menemukan varian Omicron versi siluman yang sulit untuk dideteksi. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Para ilmuwan mengatakan telah mengidentifikasi varian Omicron versi siluman yang kemungkinan lebih sulit untuk dilacak. Ini disebabkan Omicron versi siluman tidak dapat dibedakan dari varian lain menggunakan tes PCR yang diasanya digunakan untuk mendapatkan gambaran tentang penyebarannya di seluruh dunia.

Varian siluman memiliki banyak mutasi yang sama dengan Omicron standar, tetapi tidak memiliki perubahan genetik tertentu yang memungkinkan tes PCR berbasis laboratorium digunakan sebagai cara kasar dan siap untuk menandai kemungkinan kasus.

Varian ini masih terdeteksi sebagai virus Corona dengan semua tes biasa, dan dapat diidentifikasi sebagai varian Omicron melalui pengujian genomik, tetapi kemungkinan kasus tidak ditandai oleh tes PCR yang memberikan hasil lebih cepat.

Para peneliti mengatakan masih terlalu dini untuk mengetahui apakah bentuk baru Omicron akan menyebar dengan cara yang sama seperti varian Omicron standar, tetapi versi "siluman" secara genetik berbeda dan mungkin berperilaku berbeda.



Varian siluman pertama kali terlihat di antara genom virus COVID-19 yang dikirimkan dalam beberapa hari terakhir dari Afrika Selatan (Afsel), Australia, dan Kanada, tetapi mungkin sudah menyebar lebih luas. Di antara tujuh kasus yang diidentifikasi sejauh ini, tidak ada di Inggris.

Penemuan bentuk baru Omicron mendorong para peneliti untuk membagi garis keturunan B.1.1.529 menjadi Omicron standar, yang dikenal sebagai BA.1, dan varian yang lebih baru, yang dikenal sebagai BA.2.

“Ada dua garis keturunan dalam Omicron, BA.1 dan BA.2, yang cukup berbeda secara genetik,” kata Prof Francois Balloux, direktur Institut Genetika University College London.

"Kedua garis keturunan mungkin berperilaku berbeda," terangnya seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (9/12/2021).

Para ilmuwan menggunakan analisis seluruh genom untuk mengonfirmasi varian mana yang menyebabkan infeksi COVID-19, tetapi tes PCR terkadang dapat memberikan indikasi. Sekitar setengah dari mesin PCR di Inggris mencari tiga gen dalam virus, tetapi tes positif Omicron (dan varian Alpha sebelumnya) hanya pada dua dari mereka. Ini karena Omicron, seperti Alpha, memiliki perubahan genetik yang disebut delesi pada gen “S” atau spike. Kesalahan berarti bahwa tes PCR yang menampilkan apa yang disebut "kegagalan target gen S" sangat mengarah pada infeksi Omicron.

Secara informal, beberapa peneliti menyebut varian baru "stealth Omicron" karena tidak memiliki penghapusan yang memungkinkan tes PCR untuk menemukannya.

Salah satu yang utama tidak diketahui adalah bagaimana varian baru muncul. Meskipun berada di bawah Omicron, ia sangat berbeda secara genetik sehingga dapat memenuhi syarat sebagai "varian perhatian" baru jika menyebar dengan cepat. Memiliki dua varian, BA.1 dan BA.2, muncul secara berurutan dengan mutasi bersama adalah “mengkhawatirkan” menurut seorang peneliti, dan menyebut pengawasan kesehatan masyarakat akan “hilang sebagian besar dari teka-teki”.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)