Brutal, Tentara Myanmar Bakar Hidup-hidup 11 Warga Sipil

Kamis, 09 Desember 2021 - 15:20 WIB
loading...
A A A
Penggulingan militer dari pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi awalnya disambut dengan protes jalanan tanpa kekerasan, tetapi setelah polisi dan tentara merespons dengan kekuatan mematikan, kekerasan meningkat ketika para penentang kekuasaan militer mengangkat senjata untuk membela diri.



Pembunuhan di Done Taw dikecam oleh pemerintahan bawah tanah Myanmar Pemerintah Persatuan Nasional, yang telah memantapkan dirinya sebagai pemerintahan alternatif negara itu menggantikan pemerintah yang dipasang oleh militer.

Juru bicara organisasi tersebut, Dr. Sasa, mengatakan sebuah konvoi militer telah terkena bom pinggir jalan dan pasukan pertama membalas dengan menembaki Done Taw, kemudian menyerang desa, menangkap siapa pun yang dapat mereka tangkap.

Dia mengatakan para korban berkisar antara usia 14 hingga 40 tahun.

“Adegan-adegan memuakkan yang mengingatkan pada kelompok teroris Negara Islam menjadi saksi eskalasi militer atas tindakan teror mereka,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Kebrutalan, kebiadaban, dan kekejaman dari tindakan-tindakan ini menunjukkan kedalaman kebejatan baru, dan membuktikan bahwa terlepas dari kepura-puraan relatif yang terlihat selama beberapa bulan terakhir, junta tidak pernah berniat untuk mengurangi kampanye kekerasan mereka,” kata Sasa.



Saksi yang berbicara kepada AP mengatakan sekitar 50 tentara berbaris ke desa Done Taw sekitar pukul 11 pagi hari Selasa, menangkap siapa saja yang tidak berhasil melarikan diri.

“Mereka menangkap 11 warga desa yang tidak bersalah,” kata saksi yang menyebut dirinya sebagai petani serta aktivis dan meminta untuk tidak disebutkan namanya demi keselamatannya sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)