Ibu Kota Jepang Izinkan Nikah Sesama Jenis Tahun Depan

Rabu, 08 Desember 2021 - 02:07 WIB
loading...
Ibu Kota Jepang Izinkan Nikah Sesama Jenis Tahun Depan
Pasangan sesama jenis hendak berciuman di Berlin, Jerman. Ibu Kota Jepang, Tokyo, akan izinkan pernikahan sesama jenis mulai tahun depan. Foto/REUTERS
A A A
TOKYO - Pemerintah Metropolitan Tokyo akan memulai sistem yang secara efektif mengizinkan pernikahan sesama jenis di ibu kota Jepang pada tahun fiskal berikutnya mulai April 2022. Hal itu disampaikan Gubernur Tokyo Yuriko Koike pada Selasa (7/12/2021).

Kantor berita Kyodo, yang dilansir Reuters, melaporkan pemerintah daerah untuk kota berpenduduk 14 juta itu berencana untuk memperkenalkan "kemitraan sesama jenis" setelah majelis lokal dengan suara bulat menyerukan langkah tersebut.

Baca juga: 7 Fakta Xi Mingze, Putri Cantik Presiden China yang Misterius

Beberapa lingkungan lokal di Tokyo serta beberapa kotamadya lokal lainnya telah memperkenalkan rencana serupa yang secara resmi mengakui pasangan sesama jenis.

Tetapi para kritikus mengatakan pasangan lesbian, biseksual, gay dan transgender (LGBT) masih menghadapi kerugian di beberapa bidang seperti perpajakan bahkan di bawah pengaturan kemitraan semacam itu.

Sebuah pengadilan lokal di Sapporo di Jepang utara memutuskan pada bulan Maret bahwa pasangan sesama jenis yang tidak dapat menikah adalah "tidak konstitusional", keputusan pertama di Jepang tentang legalitas pernikahan sesama jenis.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1858 seconds (11.252#12.26)