Omicron Menyebar, Kasus Baru Covid-19 di Afrika Selatan Melonjak

Jum'at, 03 Desember 2021 - 14:53 WIB
loading...
Omicron Menyebar, Kasus Baru Covid-19 di Afrika Selatan Melonjak
Ilustrasi. FOTO/Reuters
A A A
CAPE TOWN - Varian baru virus Corona , Omicron , kini telah menjadi dominan di Afrika Selatan (Afsel) dan mendorong peningkatan tajam dalam infeksi baru. Menurut pejabat kesehatan setempat, sekitar 11.500 infeksi Covid baru terdaftar dalam angka harian terbaru.

Itu adalah kenaikan tajam dari 8.500 kasus yang dikonfirmasi pada hari sebelumnya. Sebaliknya, infeksi harian rata-rata antara 200 dan 300 pada pertengahan November, kata seorang ilmuwan terkemuka Afrika Selatan kepada BBC, Jumat (3/12/2021).



Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Omicron kini telah terdeteksi di setidaknya 24 negara di seluruh dunia. Mereka yang sudah memiliki varian lain dari virus corona tampaknya tidak terlindung dari Omicron, tetapi vaksin masih diyakini melindungi dari penyakit parah, menurut para ilmuwan top dari badan kesehatan global dan Institut Nasional untuk Penyakit Menular (NICD) Afrika Selatan.

"Infeksi sebelumnya digunakan untuk melindungi terhadap Delta, tetapi sekarang dengan Omicron tampaknya tidak demikian," kata Anne von Gottberg, ahli mikrobiologi di NICD.

“Gambaran lengkap di Afsel tidak akan jelas, sampai orang menjadi sangat sakit, sehingga mereka harus pergi ke rumah sakit yang umumnya baru akan dilakukan tiga atau empat minggu kemudian," kata Prof Salim Abdool Karim dari Gugus Tugas Afrika untuk Coronavirus.



"Tetapi, umpan balik yang kami dapatkan dari lapangan adalah bahwa benar-benar tidak ada tanda bahaya - kami tidak melihat sesuatu yang berbeda secara dramatis. Apa yang kami lihat adalah apa yang biasa kami lihat," katanya kepada program Newsday BBC.

Wartawan BBC Pumza Fihlani di kota terbesar Afrika Selatan, Johannesburg, mengatakan, bahwa restoran dan supermarket tetap ramai menjelang liburan Natal dan Tahun Baru. Orang-orang membicarakan varian baru - tetapi sejauh ini hanya ada sedikit kepanikan dan menurut para ilmuwan, seharusnya tidak ada.

Afsel adalah negara pertama yang melaporkan varian baru yang sangat bermutasi. NICD mengatakan, lebih dari 70% dari semua genom virus yang diurutkan bulan lalu adalah varian baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)