Alice Sebold Minta Maaf pada Pria Terlanjur Dipenjara 16 Tahun Padahal Tak Memerkosanya

Kamis, 02 Desember 2021 - 15:28 WIB
loading...
Alice Sebold Minta Maaf pada Pria Terlanjur Dipenjara 16 Tahun Padahal Tak Memerkosanya
Alice Sebold minta maaf pada pria yang terlanjur dipenjara 16 tahun atas tuduhan memerkosanya, padahal pria tersebut tidak bersalah. Foto/via NDTV
A A A
WASHINGTON - Alice Sebold, penulis novel "The Lovely Bones" meminta maaf kepada Anthony Broadwater, pria yang telah dipenjara 16 tahun atas tuduhan memerkosanya. Pria itu telah dibebaskan dan ternyata tidak bersalah.

Sebold menyampaikan permintaan maaf kepada Broadwater pada hari Selasa (30/11/2021) waktu Amerika Serikat (AS). Penulis novel terkenal AS itu diperkosa tahun 1981, namun ternyata salah menuduh Broadwater sebagai pelakunya karena menuruti sistem hukum yang cacat.



Perempuan itu mengaku berjuang dengan peran yang dia tanpa disadari bermain dalam sistem yang mengirim orang yang tidak bersalah ke penjara.

Broadwater (68) dihukum pada 1982 atas tuduhan memerkosa Sebold (58). Dia menjalani hukuman 16 tahun penjara dan dibebaskan pada 1999.

Namun, putusan bersalahnya dibatalkan pengadilan minggu lalu setelah pihak berwenang menemukan kelemahan serius dalam penangkapan dan persidangannya.

Sebold mendasarkan memoarnya tahun 1999; "Lucky", pada pemerkosaannya ketika dia masih menjadi mahasiswi di Universitas Syracuse.

Dalam sebuah pernyataan kepada The Associated Press (AP), yang kemudian di-posting di Medium, Sebold meminta maaf kepada Broadwater atas hukuman yang seharusnya tidak dia jalani.

Dia menulis bahwa sebagai korban pemerkosaan berusia 18 tahun yang trauma, dia memilih untuk menaruh kepercayaannya pada sistem hukum.

"Tujuan saya pada tahun 1982 adalah keadilan—bukan untuk melanggengkan ketidakadilan," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)