Belarusia Ingin Pasang S-400 Rusia, Alasannya Mengejutkan

Kamis, 02 Desember 2021 - 14:30 WIB
loading...
A A A
"Mengapa saya menjadi musuh bagi Barat? Bukan karena saya seorang diktator. Karena semua lokasi di mana (rudal) Topol berdiri, kecuali satu, sepenuhnya terpelihara dan masih siap digunakan," papar Lukashenko.

Menurut Lukashenko, mantan Presiden Rusia Boris Yeltsin berusaha menghancurkan fasilitas peluncuran ini karena tekanan dari Washington.

“Saya bilang tidak. Tapi ketika tekanannya ekstrim sehingga Anda tahu, saya bisa membuktikan dan menunjukkannya, kami meledakkan satu lokasi, itu di hutan, tempatnya tidak hanya 10 sentimeter di sana, (area) itu sangat besar," ungkap Lukashenko.

Menurut Lukashenko, Putin menawarkan bantuan kepada mantan Presiden Ukraina Pyotr Poroshenko dalam pemulihan Donbass, tetapi Poroshenko menolak karena pengaruh eksternal.

"Dan Putin dengan sepenuh hati mengatakan: baik, apa yang mereka lakukan, kita harus menyelesaikan ini ... Ini (perang) harus berakhir dan Donbass harus dipulihkan. Orang-orang perlu hidup normal ... Saya katakan, jika itu resmi, saya siap berbicara dengan Poroshenko tentang topik ini ... Saya sudah siap pergi, dia (Putin) menggandeng tangan saya: dan (berkata) saya akan membantu memulihkan Donbass. Dan saya akan membantu, beri tahu dia (Poroshenko)," papar Lukashenko.

Presiden Belarusia mengakui dia memiliki hubungan baik dengan Poroshenko dan mengenalnya sebelum dia menjadi presiden Ukraina.

"Saya sarankan Anda mengembalikan Donbass. Putin memberi tahu saya tentang hal itu secara langsung. Saya menekankan ini. Anda tahu, Poroshenko akhirnya setuju. Tetapi setelah sebulan, dalam sebulan, dia mulai melakukan segalanya sebaliknya. Mengapa? Karena orang itu di bawah kendali eksternal," papar Lukashenko.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)