Sejarah Wahhabi di Arab Saudi yang Kini Didobrak Pangeran Mohammed bin Salman

Sabtu, 27 November 2021 - 00:00 WIB
loading...
A A A
Cara dia mendirikan pemerintahannya telah menjadi model bagi para penguasa Wangsa Saud hingga saat ini. Pemerintah didasarkan pada prinsip-prinsip Islam dan memanfaatkan syura. Dia memerintah emirat sampai kematiannya pada tahun 1765. Pada saat kematiannya, mayoritas orang Najdi adalah penganut Wahhabi.

Apa Itu Wahhabi?

Istilah Wahhabi digunakan terutama oleh orang luar untuk membedakan gerakan tersebut; penganutnya sering menyebut diri mereka sebagai salaf (pengikut leluhur yang saleh), istilah yang juga digunakan oleh pengikut gerakan reformasi Islam lainnya.

Mereka mencirikan diri mereka sebagai muwahhidn (unitarian), sebuah istilah yang berasal dari penekanan mereka pada keesaan mutlak Tuhan (tauhid). Mereka menolak semua tindakan yang mereka anggap menyiratkan kemusyrikan, seperti mengunjungi makam dan memuliakan orang suci, dan menganjurkan untuk kembali ke ajaran asli Islam sebagaimana tercantum dalam Alquran dan Sunnah (tradisi Nabi Muhammad), dengan mengecam semua sumber doktrin lain (ushul fiqh) sebagai bid'ah.

Teologi dan yurisprudensi Wahhabi—berdasarkan, masing-masing, pada ajaran teolog Ibn Taymiyyah dan mazhab Ahmad bin Hanbal—menekankan interpretasi literal Alquran dan Sunnah dan pembentukan masyarakat Islam hanya berdasarkan dua kumpulan literatur ini.

Pada akhir abad ke-20 dan ke-21, keunggulan lembaga keagamaan Wahhabi telah memastikan bahwa Kerajaan Arab Saudi tetap jauh lebih konservatif daripada negara-negara lain di kawasan itu. Sebuah pasukan polisi agama yang besar (dikenal sebagai Mutawwa'un) menegakkan kode perilaku publik yang ketat—termasuk, misalnya, kepatuhan wajib terhadap ritual Islam dan pemisahan gender.

Karena Wahhabisme melarang pemujaan tempat suci, makam, dan benda-benda suci, banyak situs yang terkait dengan sejarah awal Islam, seperti rumah dan makam sahabat Nabi Muhammad SAW, dihancurkan di bawah kekuasaan Saudi. Preservationists memperkirakan bahwa sebanyak 95 persen dari situs bersejarah di sekitar Mekah dan Madinah telah diratakan.

Didobrak Mohammed bin Salman

Pada 2018, Putra Mahkota Arab Saudi; Pangeran Mohammed bin Salman, berkunjung ke Washington, Amerika Serikat (AS). Selama kunjungannya itu, dia melayani wawancara dengan The Washington Post dan secara mengejutkan menyebut bahwa penyebaran Wahhabisme atau Wahhabi yang didanai oleh Arab Saudi merupakan permintaan negara-negara Barat untuk membantu melawan Uni Soviet selama Perang Dingin.

Pangeran Mohammed mengatakan sekutu Barat mendesak negaranya untuk berinvestasi dalam wujud masjid dan madrasah di luar negeri selama Perang Dingin. Tujuannya, untuk mencegah perambahan pengaruh Uni Soviet—kini Rusia—di negara-negara Muslim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)