Sayang Istri, Pria India Bangun Replika Taj Mahal

Jum'at, 26 November 2021 - 20:04 WIB
loading...
Sayang Istri, Pria India Bangun Replika Taj Mahal
Sayang istri, seorang pria asal India membangun replika Taj Mahal. Foto/livemint
A A A
NEW DELHI - Seorang suami asal India yang begitu mencintai istrinya dan berpikiran historis membangun replika Taj Mahal sebagai bentuk dari rasa cinta dan sayangnya.

Taj Mahal adalah sebuah "Monumen Cinta" yang dibangun oleh kaisar Mughal Shah Jahan sebagai tempat peristirahatan terakhir istri yang begitu dicintainya Mumtaz. Bangunan yang berwarna putih itu dibangun pada abad ke-17 di Agra, Uttar Pradesh, India.

Terinsipirasi dari kisah cinta abadi itu, Anand Prakash Chouksey membangun replika Taj Mahal. Sang istri bahkan membantu berkonsultasi pada proyek Taj Mahal versinya sendiri yang berukuran sepertiga dari ukuran aslinya.

"Satu-satunya permintaan istri saya adalah ruang meditasi. Dia seorang wanita spiritual," kata pengusaha berusia 52 tahun seperti dikutip dari Gulf News, Jumat (26/11/2021).

"Dia mengatakan kubah menciptakan lingkungan yang berbeda dan ada banyak energi positif," imbuhnya.



Taj Mahal yang asli - dijuluki "tetesan air mata waktu di pipi" oleh penulis Rabindranath Tagore - berada di Agra selatan Delhi, namun replika barunya berjarak 800 kilometer di Burhanpur.

Tapi kota India tengah itu tidak lain adalah tempat di mana Mumtaz meninggal saat melahirkan anaknya yang ke-14 pada Juni 1632, setelah menemani Shah Jahan untuk memadamkan pemberontakan lokal.

Jenazah Mumtaz bahkan awalnya dimakamkan di sana juga, dan menurut penduduk setempat, Shah Jahan pada awalnya ingin membangun Taj Mahal untuknya di tepi sungai Tapti.

"Struktur tanah saat itu tidak cocok untuk membangun Taj Mahal di sini, jadi diputuskan untuk dibangun di Agra," jelas Chouksey.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)