Mesir Buka Kembali Avenue of Sphinxes yang Berusia 3.000 Tahun

Jum'at, 26 November 2021 - 03:24 WIB
Mesir Buka Kembali Avenue of Sphinxes yang Berusia 3.000 Tahun
Mesir membuka kembali Avenue of Sphinxes yang berusia 3.000 tahun dengan upacara yang megah dan mewah. Foto/Daily Mail
A A A
KAIRO - Mesir menghidupkan kembali tradisi budaya yang belum pernah terlihat dalam beberapa ribu tahun. Negeri seribu piramid itu membuka Avenue of Sphinx yang berusia 3.000 tahun untuk umum pada hari Kamis dalam sebuah upacara mewah di kota selatan Luxor yang mengikuti upaya penggalian selama beberapa dekade.

Sebuah parade spektakuler yang dimulai setelah malam tiba di Mesir dan sekitar waktu makan siang berlangsung di sepanjang jalan, yang di kedua sisinya dipagari oleh lebih dari 600 patung berkepala domba jantan dan sphinx tradisional, patung dengan tubuh singa berkepala manusia.

Pawai mewah ini melibatkan peserta dalam pakaian firaun, orkestra simfoni, efek pencahayaan, penari profesional, perahu di Sungai Nil , kereta kuda dan banyak lagi.

Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sissi menghadiri upacara pembukaan ini.



Baca juga: Arkeolog Mesir Ungkap Kelicikan Raja Ay Menukar Makam Tutankhamun

“Malam ini saya akan menyaksikan salah satu peristiwa terbesar yang pernah terjadi dalam hidup saya,” kata Ahmed Hammam, seorang pemandu wisata Luxor, sebelum acara tersebut seperti dikutip dari NBC News, Jumat (26/11/2021).

Hammam (47) mengatakan bahwa menyaksikan restorasi Avenue of Sphinx setelah bertahun-tahun berusaha adalah “seperti mimpi.”

“Hari ini akan menjadi hari yang akan kita bicarakan selama seratus tahun yang akan datang,” ujar Hammam.

“Saya harap semua orang akan menikmatinya. Tidak hanya di sini di kota kelahiran saya, tetapi di seluruh Mesir, dan di seluruh dunia juga,” imbuhnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1194 seconds (11.97#12.26)