Langka, Orangutan Kalimantan Terekam Memakan Kukang

Jum'at, 26 November 2021 - 01:46 WIB
loading...
A A A
"Saya selalu mengatakan 'tidak adanya bukti bukanlah bukti ketidakhadiran' dalam pengumpulan data perilaku," ujarnya.

Tim peneliti belum secara sistematis mencari perilaku ini dan mereka tidak mengamati orangutan di malam hari, sehingga tidak jelas secara pasti seberapa sering kukang dan orangutan bertemu satu sama lain.

Orangutan sumatera mungkin memiliki lebih banyak kontak dengan kukang, itulah sebabnya ada lebih banyak kasus mereka memakan primata kecil ini.

"Sudah disarankan bahwa di Sumatera, ini adalah perilaku yang dipelajari," ungkap Vogel.

"Untuk beberapa kasus yang dipublikasikan di Sumatera, dan tiga kasus terbaru, semuanya dari pasangan ibu dan anak yang sama. Jadi, perilaku ini dapat dipelajari atau ibu kemungkinan telah mengembangkan imajinasi pencarian kukang. Tapi sekali lagi, ini mungkin perlu diuji," ujarnya.



Orangutan cenderung memakan makanan yang sama saat tersedia, dengan sedikit perubahan dalam pola makan mereka. Vogel mengatakan kebakaran telah mempengaruhi ketersediaan buah untuk beberapa orangutan.

"Habitat di Tuanan berubah, dengan kebakaran dan pembangunan jalan, tetapi kami belum tahu bagaimana hal ini mempengaruhi pola makan. Hanya data jangka panjang yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini," pungkasnya.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)