Langka, Orangutan Kalimantan Terekam Memakan Kukang

Jum'at, 26 November 2021 - 01:46 WIB
Langka, Orangutan Kalimantan Terekam Memakan Kukang
Seekor orangutan Kalimantan terekam memakan seekor kukang. Foto/Newsweek
A A A
WASHINGTON - Seekor orangutan Kalimantan terekam memakan seekor kukang. Ini menjadi pertama kalinya perilaku seperti ini terlihat pada populasi hewan primata tersebut.

Makanan uatama orangutan selama ini diketahui terdiri dari buah-buahan. Mereka juga memakan daun, kulit kayu, bunga dan serangga. Pada tahun 2012, para ilmuwan mengumumkan bahwa orangutan sumatera telah diamati memakan seekor Kukang, spesies primata kecil yang telah menjadi binatang favorit di internet, dengan mata besar mereka yang menggemaskan dan tubuh kecil yang lembut.

Tiga tahun kemudian, tim peneliti yang berbeda mengumumkan bukti pertama konsumsi daging oleh orangutan liar Kalimantan. Dalam penelitian ini, seekor orangutan jantan dewasa diamati memakan bangkai tupai ekor kuda.

Kini, tim ilmuwan dari Indonesia, Swiss, dan Amerika Serikat (AS) telah mempresentasikan kasus pertama orangutan Kalimantan yang diketahui memakan kukang. Temuan itu dipublikasikan di jurnal Primates.



Gambar dan video itu menunjukkan orangutan jantan menangkap dan memakan seekor kukang. Videonya bisa dilihat di sini.



Baca juga: Teror Kalajengking di Kota Mesir, 3 Tewas dan 450 Luka

Orangutan itu melihatnya di beberapa vegetasi yang lebih rendah dan bergerak ke arah kukang tersebut. Dia kemudian bergerak kembali, berpotensi untuk melihatnya lagi.

"(Orangutan) kemudian turun kembali dan mematahkan cabang yang menempel," penulis studi Erin Vogel, dari Universitas Negeri New Jersey, seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (26/11/2021).
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1520 seconds (11.252#12.26)