Dalam Kurun 16 Bulan, 66 Tentara Ukraina Tewas Akibat Provokasi Bersenjata Rusia

Kamis, 25 November 2021 - 21:00 WIB
loading...
Dalam Kurun 16 Bulan, 66 Tentara Ukraina Tewas Akibat Provokasi Bersenjata Rusia
Pasukan Ukraina bersiaga hadapi invasi Rusia. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Sejak Tindakan Tambahan untuk memperkuat gencatan senjata antara Ukraina dan Rusia diberlakukan pada 27 Juli 2020, total 66 tentara Ukraina telah tewas dan 275 terluka akibat penembakan dan provokasi bersenjata oleh pihak Rusia.

Fakta itu berdasar laporan Misi Ukraina untuk OSCE, yang disampaikan pada pertemuan Forum Kerjasama Keamanan pada hari Rabu (24/11/2021), yang didengar oleh koresponden media Ukraina, Ukrinform.



Menurut laporan itu, secara total, dari 27 Juli 2020 hingga 22 November 2021, Pasukan Gabungan Ukraina mencatat ada 2.848 pelanggaran gencatan senjata oleh pihak Rusia. “Yang menjadi perhatian khusus adalah bahwa dalam 759 kasus, pasukan pendudukan menggunakan senjata yang dilarang oleh perjanjian Minsk,” tambah delegasi Ukraina.

Para diplomat mencatat bahwa selama seminggu terakhir, situasi di zona konflik di Ukraina timur telah ditandai dengan penembakan reguler dan provokasi bersenjata oleh pasukan pendudukan Rusia. Posisi Angkatan Bersenjata Ukraina ditembakkan sebanyak 65 kali, termasuk 26 dengan penggunaan senjata yang dilarang oleh perjanjian Minsk. Seorang prajurit militer Ukraina, 33, terluka dalam tembakan senjata ringan di dekat Prychepylivka.

Misi Ukraina untuk OSCE meminta Federasi Rusia untuk menghentikan upaya yang merusak perjanjian perdamaian Minsk, untuk membalas pendekatan konstruktif untuk negosiasi, yang ditunjukkan oleh pihak Ukraina, dan untuk beralih ke implementasi praktis dari komitmen yang telah dilakukan Moskow.



Seperti yang dilaporkan Ukrinform sebelumnya, Misi Pemantauan Khusus OSCE telah mencatat 163 pelanggaran gencatan senjata di wilayah Donetsk dan 36 pelanggaran serupa di wilayah Luhansk selama 24 jam terakhir saja.

Rusia juga bersikap atas laporan Misi Pemantauan Khusus OSCE. Menurut Rusia, laporan ini menunjukkan tindakan ofensif Angkatan Bersenjata Ukraina di Donbass, menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada briefing Kamis.

"Laporan oleh SMM menunjukkan tindakan ofensif Angkatan Bersenjata Ukraina di daerah pemukiman Granitnoye, Staromaryevka," katanya, seperti dikutip dari kantor berita Rusia, TASS. Diplomat tersebut merinci bahwa, menurut evaluasi pengamat, prajurit Ukraina memindahkan benteng mereka setidaknya satu kilometer ke depan di daerah ini.



Pada 22 Juli 2020, Grup Kontak untuk menyelesaikan situasi di Ukraina timur mengoordinasikan pengenalan langkah-langkah tambahan untuk memastikan gencatan senjata mulai 27 Juli 2020. Namun, terlepas dari kesepakatan tentang langkah-langkah tambahan ini, situasi di Donbass mulai memburuk. terhitung akhir Februari.

Menurut laporan TASS, tembakan senjata berat dilanjutkan di sepanjang garis pertempuran yang mengakibatkan korban di kedua sisi, dengan warga sipil di antara mereka. Situasi semakin memburuk setelah intelijen Ukraina menculik seorang pengamat Republik Rakyat Lugansk (LPR) di Pusat Gabungan untuk Kontrol dan Koordinasi gencatan senjata (JCCC) pada 13 Oktober.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)