Kapal Migran Terbalik di Selat Inggris, 31 Tewas

Kamis, 25 November 2021 - 05:39 WIB
loading...
Kapal Migran Terbalik di Selat Inggris, 31 Tewas
Setidaknya 31 tewas setelah sebuah kapal yang membawa migran terbalik di Selat Inggris. Foto/Ilustrasi
A A A
PARIS - Sedikitnya 31 migran yang sedang menuju Inggris tewas ketika perahu mereka tenggelam di Selat Inggris Rabu (24/11/2021). Menyebut 34 orang diyakini menumpang kapal itu, Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin menyebutnya sebagai tragedi terbesar yang melibatkan para migran dalam penyeberangan berbahaya hingga saat ini.

"Pihak berwenang menemukan 31 mayat - termasuk lima wanita dan seorang gadis muda - dan dua orang yang selamat," katanya seperti dikutip dari AP, Kamis (25/11/2021).

Satu orang penumpang tampaknya masih hilang. Kebangsaan para migran itu tidak diketahui.

Operasi pencarian bersama Prancis-Inggris untuk para penyintas masih berlangsung hingga Rabu malam.

"Empat tersangka penyelundup ditangkap pada Rabu karena dicurigai terkait dengan kapal yang tenggelam," kata Darmanin kepada wartawan di kota pelabuhan Calais, Prancis. Dia mengatakan dua tersangka kemudian muncul di pengadilan.

Baca juga: Dua Warga Rusia di Polandia Dituduh Mengatur Rute Migrasi Ilegal



Jaksa regional membuka penyelidikan pembunuhan massal, migrasi ilegal terorganisir dan tuduhan lainnya setelah insiden tenggelamnya kapal itu. Jaksa Lille Carole Etienne, yang kantornya mengawasi penyelidikan, mengatakan para pejabat masih bekerja untuk mengidentifikasi para korban dan menentukan usia serta kebangsaan mereka.

Dia mengatakan penyelidikan mungkin melibatkan banyak negara karena lebih banyak informasi tentang penumpang yang muncul.

“Ini adalah hari berkabung besar bagi Prancis, bagi Eropa, bagi umat manusia untuk melihat orang-orang ini mati di laut,” kata Darmanin.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2546 seconds (11.252#12.26)