Waspadai Rusia, Swedia Kerahkan Rudal Patriot Pertama yang Lebih Garang

Jum'at, 19 November 2021 - 18:21 WIB
loading...
Waspadai Rusia, Swedia Kerahkan Rudal Patriot Pertama yang Lebih Garang
Militer AS menembakkan rudal Patriot. Foto/US Army/Jason Cutshaw
A A A
STOCKHOLM - Kesepakatan pertahanan udara rudal Patriot senilai USD1,35 miliar (Rp19 triliun) dipandang sebagai yang paling mahal dalam sejarah Angkatan Bersenjata Swedia . Negara itu pun menjalin hubungan makin dalam dengan Amerika Serikat (AS).

Sistem ini dilaporkan dipilih karena kemampuannya yang diklaim dapat menembak jatuh rudal Iskander Rusia.

Pada 18 November 2021, pertahanan udara Swedia menerima bala bantuan besar berupa rudal Patriot. Senjata itu pun menjadi yang paling modern di wilayah Nordik.



“Rudal Patriot yang dibuat produsen senjata AS Lockheed Martin diserahkan kepada Resimen Pertahanan Udara Halmstad selama acara seremonial yang riuh dengan bendera Swedia dan Amerika berkibar,” papar laporan surat kabar Dagens Nyheter.



Unit pertama Patriot dengan radar, elektronik, dan rudal yang lengkap ini diharapkan siap tempur sebelum pergantian tahun.



Swedia telah mengakuisisi dua jenis rudal, yakni rudal anti-pesawat 103A atau Patriot Gem T dan 103B atau PAC-3 MSE senilai USD1,35 miliar. Senjata itu diklaim memiliki kemampuan yang hebat dalam melawan musuh.

"Ini adalah hari besar bagi kami di Angkatan Darat, dan juga untuk Angkatan Bersenjata pada umumnya. Ini bukan hanya pertahanan udara untuk tentara tetapi juga bagian dari kemampuan pertahanan udara kita secara umum," ungkap Panglima Angkatan Darat, Mayor Jenderal Karl kata Engelbrektson, dikutip Dagens Nyheter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)