Dramatis! Kru ISS Diminta Berlindung Saat Rusia Hancurkan Satelit

Kamis, 18 November 2021 - 00:58 WIB
loading...
Dramatis! Kru ISS Diminta Berlindung Saat Rusia Hancurkan Satelit
Sebuah rekaman audio ungkap momen dramatis kru ISS diminta berlindung saat Rusia hancurkan satelit. Foto/Livescience
A A A
WASHINGTON - Sebuah rekaman audio berhasil menangkap momen dramatis saat para kru Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) disuruh berlindung setelah Rusia meledakkan satelit dengan rudal.

Audio antara Houston Mission Control danISS menangkap momen saat Insinyur Penerbangan Mark Vande Hei dibangunkan pada Senin pagi dan disuruh membawa kru ke pod penyelamat karena 'satelit hancur'.

"Kami perlu meminta kalian untuk mulai meninjau prosedur safe haven," kata kontrol di darat, sebelum berbicara dengannya melalui prosedur yang harus dia lakukan.

"Ini 9 desimal 21. Kami berencana melakukan melalui blok 8, yang akan mencakup penutupan palka radial. Waktu perhatian adalah 06.00," sambung rekaman itu seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (18/11/2021).

Setelah Vande Hei membaca kembali instruksi, dia diberitahu bahwa kru darat perlu melakukan beberapa langkah sebelum palka ditutup.

"Kedengarannya bagus," dia menjawab, "Terima kasih atas perhatiannya."



Vande Hei dan rekan-rekannya - termasuk dua kosmonot Rusia - akhirnya berlindung di pesawat ulang-alik penyelamat selama dua jam ketika ISS dua kali melewati puing-puing satelit yang hancur, sebelum akhirnya NASA menganggapnya cukup aman untuk keluar.



Dalam sedikit audio kedua, kontrol darat dapat terdengar berbicara dengan komandan ISS Raja Chari setelah dia berhasil masuk ke salah satu kapsul penyelamat - kapsul Dragon SpaceX - tentang apa yang akan terjadi jika stasiun luar angkasa terkena puing-puing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)