Tiga Bom Bunuh Diri Guncang Ibu Kota Uganda, 6 Tewas

Rabu, 17 November 2021 - 00:07 WIB
loading...
A A A
ADF adalah kelompok terpisah, yang didirikan oleh Muslim Uganda tetapi sekarang sebagian besar aktif di pegunungan berhutan di Republik Demokratik Kongo yang bertetangga, di mana mereka dipersalahkan atas ribuan kematian warga sipil.

Bulan lalu, ISIS untuk pertama kalinya mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom di Uganda. Itu adalah serangan terhadap kantor polisi di lingkungan Kawempe, Kampala di mana tidak ada yang tewas.

Kemudian juga dikatakan bahwa "detasemen keamanan" di "Provinsi Afrika Tengah" telah menempatkan bom di sebuah restoran. Polisi mengatakan itu membunuh seorang pelayan dan melukai tiga lainnya, dan menghubungkannya dengan ADF, yang telah berjanji setia kepada Negara Islam.



Juga bulan lalu, polisi Uganda mengatakan seorang pembom bunuh diri meledakkan sebuah bus, hanya membunuh dirinya sendiri. Afiliasinya tidak jelas.

Dino Mahtani dari kelompok think tank International Crisis Group mengatakan fokus ADF dulunya adalah pada penyelesaian skor lokal dan mengendalikan ekonomi perang lokal.

"Dengan afiliasi yang lebih baru dari faksi utamanya ke ISIS , sejumlah orang asing dari seluruh Afrika Timur dengan agenda jihadis globalis telah tiba di kamp-kampnya," katanya.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2247 seconds (0.1#10.140)