Pastikan Jual F-35, AS Sebut UEA Tak Tergoda Jet Tempur Checkmate

Selasa, 16 November 2021 - 22:56 WIB
loading...
A A A
Resnick mengatakan dia tidak mendengar kekhawatiran dari Israel atau sekutu lainnya atas penjualan F-35 ke UEA.

"Kami berkomitmen penuh pada F-35 dan mentransfer F-35, yang merupakan pengubah permainan bagi Emirat. Kami bekerja dengan mereka saat kami berbicara untuk memastikan bahwa ada klarifikasi terhadap berbagai jaminan. yang dibuat untuk pemerintahan sebelumnya,” tuturnya.

Resnick menolak menjelaskan klarifikasi apa yang dicari AS, atau jaminan apa yang ditawarkan UEA. UEA juga belum membahas persyaratan penjualan.

Kekhawatiran hak asasi manusia juga telah mempengaruhi penjualan senjata ke negara tetangga Arab Saudi di bawah pemerintahan Biden. Biden sendiri berjanji selama kampanyenya untuk menjadikan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman sebagai "paria" setelah badan-badan intelijen AS mengatakan mereka yakin dia memerintahkan pembunuhan dan mutilasi terhadap kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi pada 2018 lalu.



“Kami telah bekerja sama dengan Arab Saudi untuk memastikan bahwa mereka mampu membela diri. Kami tahu bahwa ada komplikasi dalam hubungan ini dan dalam hubungan di seluruh dunia," jelas Resnick.

"Tetapi kami terus berinvestasi kembali dan memastikan bahwa mereka dapat berinvestasi dalam pertahanan mereka sendiri," ia menambahkan.

Fragmen amunisi Amerika yang dijatuhkan oleh jet tempur Saudi juga telah ditemukan di lokasi di Yaman di mana warga sipil tewas dalam serangan bom UEA. Ditanya tentang serangan itu, Resnick mengatakan bahwa AS ingin memastikan senjata Amerika digunakan dengan cara yang memajukan keamanan nasional. Dia mengatakan AS terus bekerja dengan mitranya untuk mencoba mencegah pembunuhan warga sipil.

Rusia berusaha untuk membuat kesan di Dubai Airshow, dengan menerbangkan helikopter serang baru dan memamerkan jet tempur Checkmate dalam presentasi bergaya video musik kepada wartawan di landasan. Tetapi Resnick menolak upaya itu, dengan tegas mengatakan bahwa Checkmate "tidak sedikit pun" pernah muncul dalam diskusi dengan UEA.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)