Norwegia Bakal Persenjatai Jet Tempur Siluman F-35 dengan Rudal Canggih JSM

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:48 WIB
loading...
Norwegia Bakal Persenjatai Jet Tempur Siluman F-35 dengan Rudal Canggih JSM
Pesawat jet tempur siluman F-35 Lightning II Lockheed Martin. Norwegia akan persenjatai jet tempur F-35 merek dengan rudal JSM. Foto/REUTERS
A A A
OSLO - Norwegia akan mempersenjatai jet-jet tempur siluman F-35 mereka dengan rudal canggih bernama Joint Strike Missiles (JSM). Senjata ini akan dipasok oleh kontraktor pertahanan Kongsberg Group.

Norwegia telah menjadi mitra aktif dalam program F-35, dengan 18 perusahaan negara itu menjadi pemasok Tier 1. Selanjutnya, Norwegia memutuskan untuk membeli 52 unit F-35 untuk menggantikan armada F-16 yang sudah tua.

Kongsberg Group mengatakan kontrak pengadaan rudal JSM bernilai NOK4 miliar (hampir USD500 juta). Ini merupakan salah satu akuisisi senjata terbesar untukAngkatan Bersenjata negara itu.

Baca juga: NATO Ungkap Strategi Besar Kalahkan Rusia dalam Perang Nuklir Habis-habisan

“Dengan kontrak ini, kami memastikan kapasitas penting untuk jet tempur baru kami,” kata Menteri Pertahanan Norwegia yang baru diangkat Odd Roger Enoksen dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Sputniknews, Sabtu (23/10/2021).

Rudal pertama akan dikirimkan pada 2023, dengan kontrak penuh diperkirakan akan memakan waktu beberapa tahun lagi.



“Joint Strike Missile sekarang dapat membantu memenuhi kebutuhan kompleks dan operasional Angkatan Udara Norwegia dengan memberikan peningkatan kemampuan pada F-35 untuk mempertahankan kepentingan nasional yang penting,” kata Wakil Presiden Eksekutif Kongsberg Defense & Aerospace Eirik Lie dalam siaran pers.

Menurut bos Kongsberg, pengembangan rudal telah berlangsung sejak 2008, dan produksi sekarang akan ditingkatkan tajam.

Enoksen menekankan bahwa pemerintah menyadari fakta bahwa investasi material yang besar di Angkatan Bersenjata menciptakan lapangan kerja di Norwegia.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2314 seconds (11.97#12.26)