Thailand Borong 8 Pesawat Serang Ringan AT-6 Wolverine

Selasa, 16 November 2021 - 03:00 WIB
loading...
Thailand Borong 8 Pesawat Serang Ringan AT-6 Wolverine
Pesawat Beechcraft AT-6 Wolverine. FOTO/Defense News
A A A
DUBAI - Angkatan Udara Kerajaan Thailand telah menjalin kontrak senilai USD143 juta dengan Textron Aviation. Kontrak itu untuk pembelian 8 pesawat Beechcraft AT-6 Wolverine, peralatan pendukung darat, suku cadang, pelatihan, dan peralatan lainnya.

Kesepakatan Thailand dengan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu terjadi pada hari pertama Dubai Airshow. Ini menjadikan Thailand sebagai pelanggan internasional pertama dari pesawat serang ringan tersebut. Berdasarkan kontrak, pekerjaan akan dilakukan di fasilitas perusahaan Wichita, Kansas.



Thomas Hammoor, presiden dan CEO Textron Aviation Defense, mengatakan, Angkatan Udara Kerajaan Thailand memilih Beechcraft AT-6 untuk melakukan beragam misi dalam mendukung keamanan perbatasan serta anti-penyelundupan, kontranarkotika, dan anti-penyelundupan. operasi perdagangan manusia.

“RTAF adalah sekutu keamanan utama AS dan operator dari salah satu angkatan udara paling maju di Asia Pasifik. Riset pasar yang ekstensif dan proses pengadaan yang ketat mencari penyelarasan biaya, jadwal, dan kinerja terbaik untuk menggantikan armada pesawat Aero L-39 Albatros yang sudah tua dan meningkatkan kemampuan armadanya dengan teknologi terbaru,” kata Hammoor, seperti dikutip dari Defense News, Senin (15/11/2021).

Perusahaan Amerika itu juga mengatakan, kontrak tersebut berkontribusi pada pertumbuhan industri kedirgantaraan Thailand. Pembelian ini sejalan dengan apa yang disebut strategi S-Curve 11, sebuah program yang dimaksudkan untuk mendukung industri pertahanan dalam negeri.



AT-6 yang dipamerkan di Dubai Airshow, terbang dari AS ke Uni Emirat Arab, melewati 11 negara untuk mengisi bahan bakar dengan total 33 jam terbang.

“AT-6 akan mengambil bagian dalam eksperimen serangan ringan lanjutan, yang memfasilitasi kerja sama dengan negara lain untuk menyoroti interoperabilitas melalui kemampuan komunikasi jaringan — AERONet,” jelas Fouad Kasri, wakil presiden penjualan regional Textron Aviation Defense untuk Timur Tengah dan Afrika Utara,

Pelatihan Textron Aviation Defense profesional pemeliharaan Thailand akan dimulai di Thailand pada 2023. Pelatihan pilot akan dimulai di Wichita pada 2024. AT-6 akan bergabung dengan armada Royal Thai pada 2024, kata pernyataan itu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)