Korea Selatan Rilis Video Animasi Kapal Induk Masa Depan CVX

Jum'at, 12 November 2021 - 19:07 WIB
loading...
Korea Selatan Rilis Video Animasi Kapal Induk Masa Depan CVX
Korsel merilis video animasi kapal induk masa depan CVX. Foto/Navalnews
A A A
SEOUL - Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel) merilis video animasi terbarudari kapal induk masa depan mereka CVX. Kapal induk tersebut dapat beroperasi pada 2033.

Dalam video tersebut juga ditampilkan kapal selam kelas Dosan Ahn Changho, pesawat Boeing 737 AEW&C, kapal perusak masa depan KDDX, perusak kelas Sejong the Great, kapal pendukung tempur cepat ROKS Soyang (AOE-51), dan jet tempur F-35B.

Dikutip dari laman Navy Recognition, Jumat (12/11/2021), CVX adalah kapal induk kelas baru yang saat ini sedang dikembangkan untuk Angkatan Laut Korsel. Rencana pengembangan kapal induk kelas baru itu secara resmi diumumkan dan didanai sebagai bagian dari Rencana Pertahanan Jangka Menengah 2020-2024, yang diterbitkan pada Desember 2020 lalu.



Kementerian Pertahanan Nasional Korsel pada bulan Agustus 2020 mengkonfirmasi bahwa dua puluh F-35B akan dibeli untuk CVX. Dalam hal penerbangan sayap putar, kapal akan mengakomodasi Helikopter Serang Marinir milik Korps Marinir.

Kapal induk baru itu akan memiliki panjang 263 m, lebar 46,6 m, dan bobot 45.000 ton. Kapal itu akan memiliki kemampuan untuk mencapai kecepatan tertinggi 27 knot (50 km/jam). Kapal tersebut akan dapat membawa hingga 16 pesawat tempur short take-off and vertical landing (STOVL), seperti Lockheed Martin F-35B Joint Strike Fighter, di dek penerbangannya dan 12 lainnya di hanggar.

Berbeda dengan kelas Dokdo sebelumnya, CVX tidak akan menampilkan dek yang baik untuk kapal serbu amfibi. Sebagai gantinya, ruang internal akan didedikasikan untuk penyimpanan dan pemeliharaan pesawat. Dek penerbangan akan menjadi desain aksial daripada menggunakan lompatan ski (digunakan oleh operator pesawat jet F-35B lainnya kecuali untuk Angkatan Laut Amerika Serikat).



Kapal akan menampilkan radar multi-fungsi (MFR) untuk pertahanan rudal balistik (BMD).
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)