Tegang, China Peringatkan AS Tak Kembali ke Era Perang Dingin

Kamis, 11 November 2021 - 06:47 WIB
loading...
A A A
“Bersama-sama, kita dapat mengantarkan masa depan pembangunan hijau,” katanya. “China akan tetap berkomitmen untuk mempromosikan kerjasama yang saling menguntungkan dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi kawasan Asia-Pasifik.”

Pakta pemanasan global datang menjelang pembicaraan virtual yang diharapkan antara Xi dan Presiden AS Joe Biden, yang dilaporkan akan diadakan paling cepat minggu depan.



Itu juga terjadi pada saat ketegangan meningkat di Asia-Pasifik.

Beijing telah meningkatkan kegiatan militer di dekat Taiwan—pulau demokrasi yang memerintah sendiri namun masih diklaim oleh China—dengan rekor jumlah pesawat yang masuk ke zona identifikasi pertahanan udara pulau itu pada awal Oktober 2021.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Rabu bahwa Amerika Serikat akan memastikan Taiwan dapat mempertahankan diri untuk menghindari siapa pun yang mencoba mengganggu status quo dengan paksa.

China juga mengeklaim hampir semua Laut China Selatan yang kaya sumber daya, yang dilalui kapal-kapal perdagangan yang menghasilkan triliunan dollar setiap tahun, menolak klaim dari Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.

Terhadap latar belakang itu, Amerika Serikat, Inggris dan Australia mengumumkan pada bulan September bahwa mereka telah membentuk aliansi baru—AUKUS—di mana Australia akan memperoleh kapal selam bertenaga nuklir menggunakan teknologi AS.

Meskipun pengiriman masih bertahun-tahun lagi dan China tidak disebutkan secara spesifik, pengumuman itu membuat marah China dan secara terpisah memicu pertikaian sengit dengan Prancis yang melihat kontrak yang sebelumnya dinegosiasikan untuk menjual kapal selam konvensional Australia dicabut.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)