Media AS Ungkap Senjata Rahasia Militer Rusia

Minggu, 07 November 2021 - 21:36 WIB
loading...
A A A
Bersamaan dengan komputer onboard yang sepenuhnya diganti, pesawat yang ditingkatkan ini juga memiliki fitur uplink yang lebih andal ke peralatan komunikasi satelit, dengan volume data dan karakteristik kualitas yang meningkat secara signifikan, dan sistem navigasi juga ditingkatkan. Upgrade yang lebih kecil termasuk monitor LCD onboard besar yang baru, dan peningkatan ergonomi untuk awak pesawat, termasuk interior yang didesain ulang dan area istirahat dan dapur.



Selain kemampuan mereka untuk mendeteksi, mengidentifikasi dan melacak target udara, darat dan laut, serta mengeluarkan informasi tentang mereka ke pos komando, pesawat ini juga dapat berfungsi sebagai pos komandonya sendiri.

Secara lahiriah, A-50U mirip dengan Boeing E-3 Sentry AS. Namun, pesawat Amerika memiliki radar pulse-Doppler dengan jangkauan sekitar 375 km untuk target terbang rendah, dan radar pulsa untuk melacak pesawat di ketinggian menengah dan tinggi pada jarak hingga 650 km. Pesawat-pesawat itu juga memiliki kemampuan melihat ke bawah, membuatnya mampu mendeteksi dan melacak target darat dan laut pada jarak 320 km. E-3 telah menerima beberapa putaran peningkatan, dengan NATO baru-baru ini memperpanjang masa pakai pesawat hingga setidaknya 2035 – dengan hal-hal seperti kapasitas data yang diperluas, bandwidth komunikasi satelit, dan peralatan enkripsi baru. Pesawat ini awalnya diperkenalkan ke militer pada tahun 1977.

Episkopos menyatakan belum terlihat bagaimana pesawat Rusia dan AS dibandingkan dalam kinerja nyata.

Modernisasi A-50U dilakukan oleh Beriev Aviation Plant dan Vega Radio Engineering Concern – sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam radar militer, pengawasan, dan sistem komando dan kontrol.

Angkatan Udara Rusia berharap untuk menerima A-50U ketujuh yang dimodernisasi pada akhir tahun 2021, dengan pesawat keenam dari jenisnya dikirimkan pada bulan Maret. Sedangkan sebanyak 68 E-3 Sentries telah dibangun, dengan 31 di antaranya digunakan oleh Angkatan Udara AS, dan sebagian besar sisanya (kecuali tiga hilang dalam kecelakaan) diekspor ke NATO, Prancis, Inggris, dan Arab Saudi.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)