Tegang! Iran Rilis Video Panas IRGC Hadang Kapal Perusak AS Hendak Sita Tanker Minyak

Kamis, 04 November 2021 - 19:02 WIB
loading...
A A A
Namun, detail pertemuan itu tetap tidak jelas. Outlet media Iran melaporkan pada 3 November bahwa IRGC menggagalkan upaya kapal perang AS merebut minyak Iran dari satu kapal tanker di Laut Oman.

Angkatan Laut AS diduga bertujuan menghentikan satu kapal tanker Iran dan memaksanya untuk memompa muatan minyak mentahnya ke kapal tanker lain, kemungkinan Sothys.

Media Iran mengatakan minyak itu dikembalikan dan satu kapal tanker diarahkan ke perairan Iran tanpa mengklarifikasi yang mana.

Outlet media Iran mengklaim kapal perang AS dan helikopternya berusaha mencegah hal itu terjadi. Sothys saat ini berlabuh di Pulau Qeshm Iran.

Pada hari yang sama, Newsweek melaporkan, mengutip sumber anonim di Pentagon, bahwa pertemuan tersebut terjadi sekitar sepekan yang lalu.

Kemudian, juru bicara Pentagon John Kirby mengkonfirmasi insiden itu terjadi pada 24 Oktober, tetapi menolak beberapa klaim yang dibuat media Iran.

Dia bersikeras AS tidak pernah menyita minyak Iran dan tidak pernah mentransfernya ke Sothys.

Kirby lebih lanjut mengklaim tidak ada perselisihan antara IRGC dan kapal perang Amerika, yang, dia bersikeras, hanya memantau situasi.

Juru bicara itu tidak menjelaskan mengapa kapal perusak AS melakukan itu dan mengapa mereka begitu dekat dengan Sothys selama insiden tersebut seolah-olah mencoba menangkis kehadiran kapal IRGC.

AS sebelumnya melaporkan menyita pengiriman minyak Iran, yang mereka klaim melanggar sanksi Amerika terhadap sektor energi Republik Islam, yang diterapkan pada 2018.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)