Militer Myanmar Dituding Lakukan Penyiksaan Massal Terhadap Tahanan

Minggu, 31 Oktober 2021 - 20:30 WIB
loading...
Militer Myanmar Dituding Lakukan Penyiksaan Massal Terhadap Tahanan
Militer Myanmar. FOTO/Reuters
A A A
YANGON - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah menuntut penyelidikan menyeluruh atas klaim bahwa militer Myanmar mengekspos tahanan dengan teknik penyiksaan brutal. Penyiksaan ini diduga dilakukan sejak militer merebut kekuasaan lewat kudeta.

Washington mengaku "marah dan terganggu" oleh laporan yang menyebut rezim militer Myanmar telah menggunakan "penyiksaan sistematis". “Laporan penyiksaan di Myanmar harus diselidiki secara kredibel dan mereka yang bertanggung jawab atas pelanggaran tersebut harus bertanggung jawab,” kata pernyataan Departemen Luar Negeri AS, seperti dikutip dar Independent, Minggu (31/10/2021).



Pakar hak asasi manusia PBB di Myanmar juga menyerukan tekanan internasional yang kuat pada Junta Myanmar, yang telah berkuasa di negara itu sejak mengambil kendali dari pemerintah yang dipilih secara demokratis di negara itu.

Reaksi keras muncul ketika laporan komprehensif oleh Associated Press mengungkapkan rincian yang mengganggu tentang penyiksaan sistematis dan metodis terhadap tahanan di penjara dan kamp. Laporan investigasi, berdasarkan wawancara dengan 28 orang, merinci bagaimana seorang pemuda dipaksa berlutut di atas batu tajam, seorang biarawan dibuat melompat seperti katak, dan seorang akuntan disetrum menggunakan kabel listrik.



Laporan itu didasarkan pada bukti foto, sketsa, dan surat. Selain foto, dilampirkan juga kesaksian dari tiga pejabat militer yang baru saja membelot. Sejak pengambilalihan itu, rezim militer negara itu telah menahan lebih dari 9.000 orang, termasuk politisi, aktivis, pengunjuk rasa, dan warga sipil lainnya.

Lebih dari 1.200 orang telah tewas sejak Februari, termasuk setidaknya 131 tahanan yang disiksa sampai mati. Menanggapi laporan tersebut, pelapor khusus PBB untuk Myanmar, Tom Andrews, mengatakan itu “sangat mungkin hanya puncak gunung es”.

Dia mengatakan, laporan itu juga menjelaskan “ruang lingkup dan sifat sistemik dari kampanye penyiksaan kriminal junta”. “Pengakuan anggota militer yang menyaksikan secara langsung para tahanan yang disiksa hingga meninggal akan menjadi penting untuk upaya akuntabilitas, serta pengungkapan lokasi pusat penyiksaan dan interogasi oleh AP,” tambahnya.



Anggota parlemen di Washington mendesak Kongres untuk mengadakan pemungutan suara tentang Burma Unified melalui Rigorous Military Accountability Act of 2021 atau BURMA Act, yang akan mengesahkan sanksi tambahan yang ditargetkan terhadap militer oleh AS.

AS, Inggris, dan Uni Eropa telah mengeluarkan sanksi terhadap anggota militer Myanmar dan perusahaan milik negara berpangkat tinggi. Tetapi, negara-negara ini belum memberikan sanksi kepada perusahaan minyak dan gas Amerika dan Prancis yang bekerja di Myanmar. Mereka adalah satu-satunya sumber pendapatan mata uang asing terbesar, yang digunakan militer, sebagian untuk membeli senjata.

“Pelaporan yang mengganggu oleh Associated Press tentang penyiksaan sadis dan kekerasan mengerikan yang dilakukan oleh junta militer Burma, sayangnya adalah yang terbaru dalam rangkaian panjang kekejaman mereka, termasuk genosida terhadap Rohingya,” kata Michael McCaul, seorang anggota Kongres AS dari Texas.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)