Biden Bertemu Paus Francis di Vatikan, Ini Harapan Gedung Putih

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 18:38 WIB
loading...
Biden Bertemu Paus Francis di Vatikan, Ini Harapan Gedung Putih
Presiden AS Joe Biden dan First Lady Jill Biden tiba di Vatican pada Jumat (29/10/2021) sore waktu setempat. Foto/Swissinfo
A A A
VATICAN CITY - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah tiba di Vatikan pada Jumat (29/10/2021). Biden akan bertemu dengan Paus Fransiskus hanya beberapa jam setelah mendarat di Roma untuk menghadiri KTT para pemimpin dunia G20.

Gedung Putih mengatakan pihaknya mengharapkan dialog yang hangat dan konstruktif dia antara keduanya, yang akan membahas pandemi COVID, perubahan iklim, dan kemiskinan. Penasihat keamanan nasional Jake Sullivan mengatakan Biden dan Paus akan bertemu secara pribadi sebelum mengadakan pembicaraan dengan delegasi yang diperluas seperti dikutip dari Newsweek.

Pertemuannya dilakukan menjelang KTT back-to-back - pertama G20 di Roma dan kemudian Cop26 di Glasgow. Paus telah menyerukan "keputusan radikal" harus dibuat terkait dengan perubahan iklim dalam sebuah wawancara langka dengan BBC pagi ini.



Biden - orang kedua yang memimpin Gedung Putih setelah JFK - adalah seorang Katolik dan bersikeras untuk bertemu dengan Paus Francis di hadapan para pemimpin lain di KTT G20 di Roma.

Biden mengaku menggunakan imannya sebagai pedoman moral untuk membentuk kebijakan sosial dan ekonomi, mengenakan rosario, dan sering menghadiri Misa. Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki yakin keduanya akan sangat cocok.

Ada banyak kesepakatan dan tumpang tindih antara Biden dan Paus Fransiskus dalam berbagai masalah: kemiskinan, memerangi krisis iklim, mengakhiri pandemi COVID-19.

Biden sendiri memiliki jadwal yang pada dalam beberapa hari ke depan, dimulai dengan pertemuan dengan Paus Fransiskus pagi ini dan berakhir setelah menyetujui kesepakatan dengan para pemimpin dunia di KTT perubahan iklim Cop26.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)