Korut Miliki Pasukan Khusus Terbesar di Dunia sehingga Berani Ledek AS

Kamis, 28 Oktober 2021 - 14:50 WIB
loading...
Korut Miliki Pasukan Khusus Terbesar di Dunia sehingga Berani Ledek AS
Para tentara pasukan khusus Korea Utara yang bisa digunakan untuk memicu perang dengan Korea Selatan dan AS. Foto/REUTERS/Damir Sagolj
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) sering mengejek para pesaingnya, termasuk Amerika Serikat (AS), dengan senjata nuklir yang menghancurkan meskipun situasi ekonomi dan sosialnya mengerikan. Senjata lain yang berbahaya adalah pasukan khusus yang, menurut pembelot, jumlahnya terbesar di dunia.

Kim Kuk-song—mata-mata senior Korut yang membelot ke Korea Selatan, yang baru-baru ini berbicara dengan BBC—mengatakan senjata nuklir, rudal balistik, ribuan artileri, dan jutaan pasukan fanatik adalah inti dari ancaman Korea Utara. Tapi sang pemimpin, Kim Jong-un memiliki "kartu truf" lain di lengan bajunya: pasukan operasi khusus yang kuat.



Tidak banyak yang diketahui tentang pasukan ini, tapi pengungkapan Kim Kuk-song menawarkan beberapa wawasan tentang bagaimana pasukan komando Pyongyang berlatih dan bertempur.

Tentara Rakyat Korea (KPA) adalah salah satu yang terbesar di dunia, dengan kekuatan tugas aktif sekitar 1,3 juta orang.
Pyongyang juga memiliki lebih dari 200.000 operator khusus yang diorganisir dalam formasi standar, seperti brigade, resimen, batalion, dan bahkan dalam seragam yang lebih kecil dan lebih khusus.

Unit operasi khusus (SOF) Korut berada di bawah berbagai cabang militer Korea Utara dan di bawah dinas intelijen Pyongyang, Biro Umum Pengintaian.

Unit operasi khusus Korea Utara juga dibagi berdasarkan spesialisasi.

Unit pengintai mengkhususkan diri dalam mengumpulkan intelijen dan meneruskannya kembali ke markas.

Unit udara dapat menyusup melalui udara dan merebut dan menduduki target seperti lapangan terbang atau jembatan.

Unit maritim dapat menyusup dari kapal selam atau kapal permukaan dan melakukan serangan pesisir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)