Norwegia Bakal Persenjatai Jet Tempur Siluman F-35 dengan Rudal Canggih JSM

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:48 WIB
loading...
Norwegia Bakal Persenjatai Jet Tempur Siluman F-35 dengan Rudal Canggih JSM
Pesawat jet tempur siluman F-35 Lightning II Lockheed Martin. Norwegia akan persenjatai jet tempur F-35 merek dengan rudal JSM. Foto/REUTERS
A A A
OSLO - Norwegia akan mempersenjatai jet-jet tempur siluman F-35 mereka dengan rudal canggih bernama Joint Strike Missiles (JSM). Senjata ini akan dipasok oleh kontraktor pertahanan Kongsberg Group.

Norwegia telah menjadi mitra aktif dalam program F-35, dengan 18 perusahaan negara itu menjadi pemasok Tier 1. Selanjutnya, Norwegia memutuskan untuk membeli 52 unit F-35 untuk menggantikan armada F-16 yang sudah tua.

Kongsberg Group mengatakan kontrak pengadaan rudal JSM bernilai NOK4 miliar (hampir USD500 juta). Ini merupakan salah satu akuisisi senjata terbesar untukAngkatan Bersenjata negara itu.



“Dengan kontrak ini, kami memastikan kapasitas penting untuk jet tempur baru kami,” kata Menteri Pertahanan Norwegia yang baru diangkat Odd Roger Enoksen dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Sputniknews, Sabtu (23/10/2021).

Rudal pertama akan dikirimkan pada 2023, dengan kontrak penuh diperkirakan akan memakan waktu beberapa tahun lagi.

“Joint Strike Missile sekarang dapat membantu memenuhi kebutuhan kompleks dan operasional Angkatan Udara Norwegia dengan memberikan peningkatan kemampuan pada F-35 untuk mempertahankan kepentingan nasional yang penting,” kata Wakil Presiden Eksekutif Kongsberg Defense & Aerospace Eirik Lie dalam siaran pers.

Menurut bos Kongsberg, pengembangan rudal telah berlangsung sejak 2008, dan produksi sekarang akan ditingkatkan tajam.

Enoksen menekankan bahwa pemerintah menyadari fakta bahwa investasi material yang besar di Angkatan Bersenjata menciptakan lapangan kerja di Norwegia.

“Kontrak rudal hari ini menunjukkan bahwa kita memiliki industri pertahanan yang kompetitif,” katanya.

“Ditambah dengan meningkatnya minat internasional, pengiriman ini akan membantu meningkatkan lapangan kerja dan memperkuat bisnis untuk Kongsberg dan banyak subkontraktor kami di tahun-tahun mendatang,” ujar Lie.

Sejak tahun 1814, Kongsberg Group adalah grup teknologi internasional yang memasok sistem dan solusi teknologi tinggi di industri kelautan, pertahanan, kedirgantaraan,minyak dan gas lepas pantai, serta industri terbarukan dan utilitas. Berkantor pusat dikota Kongsberg, perusahaan ini memiliki hampir 7.000 karyawan di lebih dari 20 negara.

Pada tahun 2020, Angkatan Udara Kerajaan Norwegia melakukan penyebaran internasional pertamanya dengan F-35 selama misi Pemolisian Udara NATO di Islandia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)