Korsel Siap Tes Roket Luar Angkasa Pertama Buatan Dalam Negeri

Kamis, 21 Oktober 2021 - 14:12 WIB
loading...
Korsel Siap Tes Roket Luar Angkasa Pertama Buatan Dalam Negeri
Roket Nuri buatan dalam negeri berada di landasan peluncuran di Naro Space Center, Goheung, Korsel, 20 Oktober 2021. Foto/yonhap
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) sedang bersiap menguji peluncuran roket luar angkasa pertama yang diproduksi di dalam negeri pada Kamis (21/10/2021). Para pejabat menyebutnya sebagai langkah penting dalam mengejar program peluncuran satelit.

Jika cuaca dan kondisi lain mendukung, roket Nuri tiga tahap dijadwalkan diluncurkan sekitar pukul 16.00 dengan tujuan mengirimkan muatan dummy, blok baja tahan karat dan aluminium seberat 1,5 ton ke orbit 600 hingga 800 kilometer di atas Bumi.

Kementerian Sains Korea Selatan mengatakan para insinyur menyelesaikan pemasangan roket sepanjang 47 meter pada Rabu malam di landasan peluncuran di Pusat Luar Angkasa Naro, satu-satunya peluncuran antariksa negara itu, di satu pulau kecil di lepas pantai selatannya.

Baca juga: Biden Mengaku Khawatir dengan Kemampuan Rudal Hipersonik China

Setelah mengandalkan negara lain untuk meluncurkan satelitnya sejak awal 1990-an, Korea Selatan kini mencoba menjadi negara ke-10 yang mengirim satelit ke luar angkasa dengan teknologinya sendiri.

Baca juga: Filipina Marah Kapal Patrolinya Ditantang Kapal Beijing di Laut China Selatan



Para pejabat mengatakan kemampuan seperti itu akan sangat penting untuk ambisi luar angkasa negara itu, yang mencakup rencana mengirim satelit komunikasi yang lebih canggih dan memperoleh satelit intelijen militernya sendiri. Negara ini juga berharap mengirim wahana ke bulan pada 2030.

Baca juga: IAEA Selidiki Keamanan dan Legalitas Kesepakatan Kapal Selam Nuklir Australia

Nuri adalah kendaraan peluncuran ruang angkasa pertama di negara itu yang dibangun sepenuhnya dengan teknologi dalam negeri.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2387 seconds (11.97#12.26)