Korut Uji Coba Rudal, AS Tegaskan Siap Bela Korsel dan Jepang

Rabu, 20 Oktober 2021 - 03:18 WIB
loading...
Korut Uji Coba Rudal, AS Tegaskan Siap Bela Korsel dan Jepang
AS tegaskan siap membela Korsel dan Jepang setelah Korut melakukan uji coba rudal. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengkritik Korea Utara (Korut) atas serangkaian peluncuran rudal baru-baru ini. Ia menyebut apa yang dilakukan Korut melanggar beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB dan merupakan ancaman bagi kawasan.

Komentar Psaki disampaikan selama konferensi pers Gedung Putih. Namun ia tidak merinci di luar pernyataan yang dikeluarkan oleh Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat (AS), tetapi dia menyerukan Korut untuk menahan diri dari provokasi lebih lanjut dan terlibat dalam tindakan berkelanjutan dan dialog substantif.

"Komitmen kami untuk membela Republik Korea dan Jepang tetap kuat," tambah Psaki menggunakan nama resmi Korea Selatan (Korsel) ketika ditanya tentang posisi pemerintahan Biden dalam denuklirisasi Semenanjung Korea.

"Peluncuran ini juga menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk dialog dan diplomasi," imbuhnya seperti dikutip dari Washington Examiner, Rabu (20/10/2021).

Baca juga: Korut Tes Rudal, China Minta Semua Pihak Menahan Diri

Dia melanjutkan bahwa Perwakilan Khusus untuk Korut Sung Kim telah bertemu dengan rekan-rekannya asal Jepang dan Korsel untuk membahas bagaimana melibatkan Korut



"Kami tetap siap untuk terlibat dalam diplomasi dengan DPRK, dan juga, tentu saja, untuk bekerja sama dengan sekutu dan mitra kami dalam mendandani ini saat ini berlangsung," kata Psaki menggunakan akronim dari nama resmi Korut, Republik Rakyat Demokratik Korea.

Psaki juga menegaskan bahwa pemerintah Korut tidak menanggapi upaya pemerintah untuk meluncurkan kembali pembicaraan strategis.

"Tetapi AS akan terus menawarkan untuk bertemu di mana saja, kapan saja, tanpa prasyarat," pungkasnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1465 seconds (10.177#12.26)