Pakistan Klaim Usir Kapal Selam India

Selasa, 19 Oktober 2021 - 23:53 WIB
loading...
Pakistan Klaim Usir Kapal Selam India
Pakistan mengklaim telah mengusir kapal selam India karena melanggar batas maritimnya. Foto/Sputnik
A A A
ISLAMABAD - Angkatan Laut Pakistan mengklaim memergoki kapal selam Angkatan Laut India di Laut Arab pada 16 Oktober. Insiden itu dilaporkan oleh Angkatan Laut Pakistan di tengah gencatan senjata yang ketat di perbatasan dan dipatuhi oleh dua negara Asia Selatan yang menjadi rival itu sejak Februari tahun ini.

Dalam sebuah pernyataan pers pada hari Selasa (19/10/2021), Angkatan Laut Pakistan mengklaim bahwa pesawat patroli maritim jarak jauhnya telah endeteksi dan mengusir kapal itu untuk memasuki perairan Pakistan.

"Insiden baru-baru ini mencerminkan intrik India yang menyedihkan terhadap komitmen dan tekad Angkatan Laut Pakistan untuk mempertahankan perbatasan laut ibu pertiwi," tambah pernyataan itu seperti dikutip dari Sputnik.



Hubungan Masyarakat Antar-Layanan (ISPR), sayap media Angkatan Bersenjata Pakistan, mengatakan Angkatan Laut telah menunjukkan kewaspadaan tak henti-hentinya dan kompetensi profesional.

"Selama lingkungan keamanan yang berlaku, pengawasan ketat telah dilakukan oleh Angkatan Laut Pakistan untuk menjaga perbatasan maritim," kata ISPR .

Insiden serupa sebelumnya dilaporkan terjadi pada Maret 2019, sementara Angkatan Laut Pakistan mengatakan upaya serupa terjadi pada November 2016 di puncak ketegangan perbatasan kedua negara.



Angkatan Laut India mengoperasikan kapal selam yang dilengkapi dengan sistem propulsi independen udara, yang membuat pendeteksian kapal selam menjadi jauh lebih sulit.

Angkatan Laut Pakistan sendiri telah memperluas armadanya dengan bantuan China, dan Beijing dijadwalkan untuk memasok delapan kapal selam serbu kelas Yuan yang dimodifikasi pada tahun 2028.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)