Awak ISS Dibangunkan Sirene di Malam Hari, Stasiun Antariksa Berubah 57 Derajat

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 23:13 WIB
Awak ISS Dibangunkan Sirene di Malam Hari, Stasiun Antariksa Berubah 57 Derajat
Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Foto/cco
A A A
MOSKOW - Pada Jumat (15/10/2021), Stasiun Antariksa Internasional (ISS) kehilangan orientasinya di luar angkasa saat menguji mesin pesawat luar angkasa berawak Soyuz MS-18.

Awak ISS dibangunkan di malam hari oleh sirene yang berbunyi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) karena kerusakan pada sistem kontrol modul Zvezda Rusia. Kabar ini berdasarkan pembicaraan kru ISS dengan Bumi, yang disiarkan NASA.

"Kami sekarang telah memicu peringatan <...> Sedetik kemudian itu dihapus. Tapi ada sirene di stasiun. Dan untuk rekan-rekan kami, saya tidak mematikan sehingga sirine bisa mendengar," papar kosmonot Anton Shkaplerov kepada seorang spesialis dari Pusat Kontrol Misi.

Baca juga: Israel Larang Ratusan Warga Yahudi Pindah ke Iran sebagai Pencari Suaka



Penyebabnya, menurut dia, hilangnya kesiapan dukungan navigasi sementara pada sistem kendali gerak dan navigasi modul Zvezda.

Baca juga: Kapal Perang Rusia Usir Kapal Perusak AS, Dikejar dalam Jarak 60 Meter

Kemudian, seorang spesialis di Pusat Kontrol Misi Houston memberi tahu kru bahwa tidak ada tindakan yang diperlukan dari mereka.

Sebelumnya, ISS kehilangan orientasinya selama pengujian mesin pesawat luar angkasa Soyuz MS-18, dengan berubah 57 derajat. Setengah jam kemudian, posisi stasiun di luar angkasa dipulihkan menggunakan mesin modul Rusia.

Awak ISS saat ini terdiri atas kosmonot Rusia Oleg Novitskiy dan Pyotr Dubrov; Astronot NASA Mark Vande Hei, Shane Kimbrough, dan Megan McArthur; Akihiko Hoshide dari Jepang; dan Thomas Pesquet dari European Space Agency, serta kru film yang meliputi aktris Rusia Yulia Peresild, sutradara film Klim Shipenko, dan kosmonot pendamping Anton Shkaplerov. Mereka sedang syuting film fitur profesional pertama di luar angkasa, berjudul Challenge.
(sya)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1255 seconds (10.55#12.26)