Terungkap, Jet Tempur Siluman F-35 dan F-22 Raptor AS Nyaris Tabrakan di Udara

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 15:40 WIB
loading...
A A A
Masih belum jelas apakah ada perubahan dalam prosedur pemeliharaan. Tidak ada informasi mengenai potensi pekerjaan perbaikan yang dilakukan pada pesawat lain.

Kecelakaan ini meninggalkan Angkatan Udara dengan 185 unit F-22 Raptor. Setiap jet berharga sekitar USD143 juta. Produksi telah dihentikan sejak 2011. Dalam konteks ini, hilangnya sebuah pesawat pasti memiliki dampak yang signifikan.



Beberapa F-22 yang ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udara Tyndall di Florida juga rusak selama Badai Michael 2018. Beberapa jet F-22 Raptor dipindahkan ke Eglin karena pangkalan Tyndall mengalami kerusakan parah selama badai.

F-22 dan F-35 Nyaris Tabrakan

Setelah pilot F-22 terlontar, jet tempur siluman F-35 dari latihan yang sama berjalan ke tempat kejadian dengan tujuan menyampaikan koordinat kepada penyelamat. Mereka telah merencanakan untuk tetap tinggal di daerah itu untuk mengawasi pemulihan.

Namun, F-35 yang mengoordinasikan penyelamatan mulai kehabisan bahan bakar dan pergi. Dalam melakukannya, pesawat itu hampir bertabrakan dengan F-22 lainnya dan laporan itu menggambarkannya "jenuh dan cukup berbahaya".

Jumlah jet tempur yang terlibat dalam panggilan dekat ini masih belum jelas. Meskipun, hampir semua jet yang merupakan bagian dari latihan akan masih mengudara di atas jangkauan pada saat itu.

Empat hari kemudian, terjadi kecelakaan yang melibatkan F-35 lainnya. Namun, yang satu ini tidak cukup beruntung untuk lolos tanpa cedera. Kecelakaan F-35A Lightning II pada 19 Mei di Pangkalan Eglin disebabkan oleh pilot yang mencoba mendarat dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Ada juga kesalahan logika kontrol penerbangan yang sebelumnya tidak diketahui yang membuat ekor pesawat tidak responsif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)