Terungkap, Jet Tempur Siluman F-35 dan F-22 Raptor AS Nyaris Tabrakan di Udara

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 15:40 WIB
loading...
A A A
Kemudian, hidung F-22 Raptor menunjuk ke atas sekitar 45 derajat ke arah langit. Pesan peringatan yang menunjukkan data udara terdegradasi muncul di layar. Ini diikuti oleh jet yang kembali meluncur ke kiri dan kemudian, tanpa peringatan, meluncur turun.
Wingman mengatakan ini membuat Raptor "hampir terbalik".

Tetapi pilot, sekali lagi, berhasil mendapatkan kembali kendali dan memutuskan untuk melanjutkan latihan.

Kemudian peringatan ketiga muncul, memberi tahu pilot bahwa g-forces terlalu membebani pesawat. Dia memutuskan untuk mencoba dengan aman meletakkan F-22 Raptor dengan membakar bahan bakar dalam perjalanan kembali ke darat, berharap untuk mendarat di landasan pacu terpanjang.

“Ketika saya melewati 10.000 kaki, jet mulai memiliki kecenderungan yang tidak terkendali lagi...perasaan tipe barel-roll,” kata pilot dalam dokumen tersebut.

"Butuh sebagian besar tekanan yang saya miliki di lengan kanan saya untuk menjaga pesawat tetap terbang, dan kemudian pada saat itu, saya tidak bisa lagi berbelok ke kiri.”

Pada titik itu, cukup jelas bahwa tampilan kokpit menunjukkan nilai ketinggian dan kecepatan yang salah dibandingkan dengan apa yang dilaporkan oleh wingman-nya. Pada saat inilah pilot memutuskan untuk eject atau melontarkan diri. Pasca-pengusirannya dari kursi kokpot, F-22 Raptor berputar ke darat, berakhir dengan kobaran api di Eglin Training Range.

Pilot mendarat di semak-semak dalam jarak sekitar 100 meter dari jalan terdekat. Dia menumpang kendaraan milik pemerintah untuk kembali ke Eglin.

Ditentukan bahwa akar penyebab kecelakaan itu adalah kesalahan perawatan yang dilakukan setelah pesawat dicuci. Ini menyiratkan bahwa prosedur yang ditetapkan tidak diikuti dengan benar oleh satu atau lebih anggota awak darat.

USAF mengatakan: "Kesalahan ini memengaruhi input kontrol yang ditransmisikan ke pesawat".

Namun, tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan mengenai hal yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)