Rouhani: Iran dan Rusia Harus Tingkatkan Kerja Sama Lawan Virus Corona

Rabu, 22 April 2020 - 08:30 WIB
loading...
Rouhani: Iran dan Rusia Harus Tingkatkan Kerja Sama Lawan Virus Corona
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Hassan Rouhani bertemu di Yerevan, Armenia, 1 Oktober 2019. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan Iran dan Rusia harus meningkatkan kerja sama dalam memerangi wabah virus corona dan melanjutkan perdagangan.

Pernyataan Rouhani itu ditujukan pada Presiden Rusia Vladimir Putin. Iran menjadi salah satu negara Timur Tengah yang mengalami dampak terparah wabah corona dan Rusia mengalami peningkatan infeksi.

“Pejabat dari dua negara harus membuat upaya untuk pertukaran perdagangan antara mereka sambil mengawasi protokol kesehatan,” kata Rouhani dalam percakapan telepon dengan Putin.

Rouhani juga menyoroti aksi-aksi provokasi oleh Amerika Serikat (AS) dan Israel di kawasan. Dia menyatakan Iran dan Rusia harus meningkatkan kerja sama untuk mengatasi masalah regional.

Iran dan Rusia bertarung dalam konflik Suriah untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad.

Secara terpisah, Rouhani menyatakan saat percakapatan telepon dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani bahwa negara-negara di kawasan harus bekerja sama untuk menciptakan keamanan.

“Kami yakin tak ada jalan untuk menciptakan keamanan dan stabilitas jangka panjang di kawasan kecuali kerja sama dan persahabatan antara negara di kawasan,” kata Rouhani.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0822 seconds (0.1#10.140)