Temukan Cara Cerdas Buat Molekul, Pasangan Jerman-Skotlandia Sabet Nobel Kimia

Rabu, 06 Oktober 2021 - 19:38 WIB
loading...
Temukan Cara Cerdas Buat Molekul, Pasangan Jerman-Skotlandia Sabet Nobel Kimia
Dua ilmuwan asal Jerman dan Skotlandia, Benjamin List dan David W.C. MacMillan, meraih Hadiah Nobel Kimia atas penemuan cerdas membuat molekul. Foto/Fllipboard
A A A
STOCKHOLM - Dua ilmuwan memenangkan Hadiah Nobel untuk Kimia pada Rabu (6/10/2021) karena menemukan cara baru yang "cerdas" untuk membangun molekul yang dapat digunakan untuk membuat segala sesuatu mulai dari obat-obatan hingga penyedap makanan.

Royal Swedish Academy of Sciences mengatakan karya Benjamin List dari Jerman dan David W.C. MacMillan kelahiran Skotlandia ini telah memiliki dampak yang signifikan pada penelitian farmasi dan membuat kimia "lebih hijau."

“Ini sudah sangat bermanfaat bagi umat manusia,” kata Pernilla Wittung-Stafshede, anggota panel Nobel seperti dikutip dari ABC News.

Membuat molekul - yang membutuhkan menghubungkan atom individu bersama-sama dalam pengaturan tertentu - adalah tugas yang sulit dan lama. Sampai awal milenium, ahli kimia hanya memiliki dua metode — atau katalis — untuk mempercepat prosesnya.

Itu semua berubah pada tahun 2000, ketika List, dari Institut Max Planck, dan MacMillan, dari Universitas Princeton, secara independen melaporkan bahwa molekul organik kecil dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan yang sama seperti enzim besar dan katalis logam.

Metode baru, yang dikenal sebagai organocatalysis asimetris, membuat reaksi kimia yang tepat, murah, cepat dan ramah lingkungan, kata Wittung-Stafshede.

"Kotak peralatan baru ini digunakan secara luas saat ini, misalnya, dalam penemuan obat dan produksi bahan kimia," jelasnya.

Johan Qvist, ketua panel Nobel, menyebut metode baru ini sederhana dan cerdik.

"Faktanya, banyak orang bertanya-tanya mengapa kami tidak memikirkannya lebih awal," tambahnya.

Peter Somfai, anggota komite lainnya, menekankan pentingnya penemuan itu bagi ekonomi dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)