Ribut Kapal Selam Nuklir, Prancis: Australia Kekanak-kanakan!

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 10:58 WIB
loading...
Ribut Kapal Selam Nuklir, Prancis: Australia Kekanak-kanakan!
Kapal selam tempur bertenaga nuklir kelas Virginia milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Foto/Military.com
A A A
PARIS - Prancis menyatakan Australia bersikap kekanak-kanakan. Komentar ini muncul setelah Canberra menyatakan tak bisa memberi tahu Paris tentang pembicaraan proyek kapal selam nuklirnya dengan Washington dan London.

Australia telah "mengkhianati" kesepakatan senilai USD40 miliar dengan France's Naval Group untuk membangun armada kapal selam konvensional bulan lalu. Sebaliknya, Australia akan membangun setidaknya delapan kapal selam bertenaga nuklir dengan teknologi Amerika Serikat (AS) dan Inggris setelah mencapai kemitraan keamanan trilateral yang dikenal sebagai aliansi AUKUS.



Pembatalan kesepakatan itu membuat marah Prancis, yang menuduh Australia dan AS menikamnya dari belakang dengan mengadakan pembicaraan tanpa memberi tahu mereka.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan dia telah menyampaikan keprihatinan dengan Paris atas kontrak France's Naval Group yang bermasalah, tetapi dia tidak dapat mengungkapkan diskusi dengan AS dan Inggris sampai kemitraan strategis itu telah disepakati.

Tetapi Duta Besar Prancis untuk Australia, Jean-Pierre Thebault, yang dipanggil pulang oleh Paris bulan lalu, mengatakan Prancis adalah mitra keamanan dekat Amerika Serikat, Australia, dan Inggris dan dapat dipercaya dengan informasi semacam itu.

"Ini kekanak-kanakan untuk mengatakan bahwa tidak mungkin untuk berkonsultasi dengan Prancis," kata Thebault kepada radio ABC pada hari Jumat (8/10/2021).



Diplomat itu menambahkan bahwa Presiden AS Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan masalah itu bisa ditangani dengan lebih baik.

“Mereka secara resmi menyatakan bahwa hal-hal seharusnya dilakukan secara berbeda. Seharusnya ada konsultasi," ujarnya.

Thebault akan segera kembali ke Australia di mana dia mengatakan akan menguji tekad Canberra untuk memperbaiki hubungan.

Seorang perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Australia tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne pada hari Kamis mengatakan dia menyambut kembalinya Thebault ke Canberra sebagai langkah pertama yang penting dalam memperbaiki hubungan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1028 seconds (0.1#10.140)