Dukung Pemulihan Ekonomi, Kemlu RI Garap Pasar Eropa Tengah dan Timur

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 07:40 WIB
loading...
Dukung Pemulihan Ekonomi, Kemlu RI Garap Pasar Eropa Tengah dan Timur
Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Duta Besar Ngurah Swajaya. Foto/Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
A A A
JAKARTA - Dalam menyambut geliat perekonomian pascapandemi, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia (RI) menggarap pasar potensial bagi Indonesia di kawasan Eropa Tengah dan Timur.

Penjajakan itu salah satunya melalui pelaksanaan Forum Bisnis Indonesia-Eropa Tengah dan Timur (Indonesia-Central and Eastern Europe Business Forum) atau INACEE Business Forum pada 7 Oktober 2021.



Forum yang bertemakan "Doing Business with Indonesia: Asia’s Economic Power House" diselenggarakan secara daring dihadiri para pelaku usaha dari Indonesia dan 20 negara Eropa Tengah dan Timur.

Forum bisnis ini didukung Kementerian Perdagangan, KADIN Indonesia, dan Perwakilan RI di kawasan Eropa Tengah dan Timur.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI, Duta Besar Ngurah Swajaya, menyampaikan bahwa INACEE Business Forum yang pertama ini akan menjadi jembatan bisnis antara Indonesia dan 20 negara kawasan Eropa Tengah dan Timur yang memiliki potensi bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata.

“Kami mengundang para pelaku usaha Indonesia, termasuk sektor UMKM untuk ikut serta pada INACEE Business Forum ini,” kata Ngurah Swajaya, seperti keterangan tertulis dari Kemlu RI yang diterima SINDOnews.com, Jumat (8/10/2021).

Semua peserta yang berminat dapat mendaftar melalui platform digital yang dikembangkan Kemlu, yaitu INA-ACCESS (ina-access.com).

INACEE Business Forum akan dibuka oleh Menteri Luar Negeri RI dan menghadirkan pembicara kunci, Menteri Perdagangan RI, serta diisi kegiatan seminar bisnis dan one on one business matching. Seminar bisnis akan menghadirkan para panelis dari Indonesia, perwakilan Eurasian Economic Commission (EEC), Central European Free Trade Agreement (CEFTA), Hungaria, Rusia dan Ukraina.

Sejumlah kesepakatan kerja sama bisnis antara perusahaan Indonesia dengan mitranya dari kawasan Eropa Tengah dan Timur dijadualkan akan ditandatangani pada INACEE Business Forum tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)