Gara-gara Kesepakatan Gas Rusia, Hungaria Bersitegang dengan Ukraina

Selasa, 28 September 2021 - 22:32 WIB
loading...
A A A
CEO Gazprom, Alexey Miller, juga telah menyatakan dukungannya untuk kesepakatan tersebut sebagai kesempatan untuk mendiversifikasi rute pasokan melalui wilayah tersebut, yang menjadi mungkin sebagian besar berkat perusahaan Bulgaria, Serbia dan Hungaria yang mengembangkan sistem pipa gas nasional mereka.



Kesepakatan gas baru tidak mengejutkan para pejabat di Kiev, yang telah mengetahui untuk beberapa waktu tentang kesepakatan potensial yang akan mengecualikan negara mereka.

“Kami tahu bahwa delegasi Rusia sudah terbang ke sana, bahwa perjanjian ini akan ditandatangani. Ketika mereka menandatangani perjanjian, mereka tahu tentang posisi kami,” kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

Kuleba juga berjanji bahwa Ukraina akan merespons sesuai dengan pukulan ini.

“Seharusnya tidak ada belas kasihan dan simpati,” imbuhnya.

Ukraina sendiri berhenti membeli gas langsung dari Rusia pada tahun 2015, sebagai bentuk protes setelah aneksasi Crimea pada tahun 2014. Sebaliknya, negara itu melakukan bisnis di perbatasan Baratnya, menghabiskan puluhan juta dolar setiap bulan untuk pasokan gas terbalik, yang awalnya diekspor dari Rusia.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)