Kritik Penarikan Pasukan dari Afghanistan, Marinir AS Dikirim ke Penjara

Selasa, 28 September 2021 - 20:27 WIB
loading...
Kritik Penarikan Pasukan dari Afghanistan, Marinir AS Dikirim ke Penjara
Tentara AS yang mengkritik penarikan pasukan dari Afghanistan Stuart Scheller Jr dijebloskan ke penjara dan menanti sidang. Foto/Russia Today
A A A
WASHINGTON - Seorang prajurit Amerika Serikat (AS) yang meminta "pertanggungjawaban" atas penarikan pasukan yang kacau dari Afghanistan di media sosial telah dikurung di pusat penahanan pra-persidangan. Korps Marinir AS telah mengkonfirmasi hal tersebut.

“Lt. Kolonel Stuart Scheller Jr. saat ini dalam kurungan pra-persidangan di Penjara Regional untuk Instalasi Korps Marinir Timur di Markas Korps Marinir Lejeune sambil menunggu sidang pendahuluan Pasal 32,” kata juru bicara Komando Pelatihan dan Pendidikan Korps Marinir Kapten Sam Stephenson dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Russia Today dari Task & Purpose, Selasa (28/9/2021).

Stephenson menambahkan bahwa tanggal dan lokasi persidangan belum ditentukan, dan semua hak hukumnya akan dihormati.

Ayah sang marinir, Stu Scheller Sr, mengatakan kepada situs web itu bahwa putranya menginginkan pertanggungjawaban atas situasi kacau di Afghanistan, yang terjadi selama tahap akhir penarikan pasukan AS.

“Yang dilakukan putra kami hanyalah mengajukan pertanyaan yang semua orang tanyakan pada diri mereka sendiri, tetapi mereka terlalu takut untuk berbicara dengan keras,” kata Scheller senior.

"Mereka memiliki perintah pembungkaman padanya dan memintanya untuk tidak berbicara. Dia melakukannya, dan mereka memenjarakannya. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan dia," imbuhnya.



Stuart Scheller Jr menjadi terkenal bulan lalu setelah sebuah video diposting di media sosial tentang ketidakpuasan dan penghinaan yang meningkat untuk penanganan penarikan pasukan AS.

“Orang-orang kesal karena pemimpin senior mereka mengecewakan mereka. Dan tidak ada dari mereka yang mengangkat tangan dan menerima pertanggungjawaban atau mengatakan, 'Kami mengacaukan ini,'” kata sang marinir saat itu.

Video itu diposting tak lama setelah 13 tentara AS dan lebih dari 160 warga sipil Afghanistan tewas dalam sebuah bom bunuh diri di luar Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul di tengah-tengah evakuasi yang panik, di menit-menit terakhir dari warga negara Barat dan pembantu lokal. Taliban merebut ibu kota Afghanistan itu dengan sedikit atau tanpa perlawanan pada 15 Agustus ketika tentara AS meninggalkan negara itu.

Dalam kata-kata kasarnya, Scheller mempertanyakan keputusan untuk memindahkan pasukan Amerika dari Lapangan Terbang Bagram, yang dulunya merupakan pangkalan militer AS terbesar di Afghanistan, sebelum mengatur evakuasi warga sipil dari Kabul dan tempat lain. Keesokan harinya setelah membuat kritiknya ke publik, Scheller mengatakan bahwa dia telah dibebaskan sebagai komandan batalion.



Pernyataan Scheller mendapat pujian dari tokoh-tokoh konservatif, termasuk putra mantan Presiden Donald Trump, Donald Trump Jr. Anggota Kongres Partai Republik Matt Gaetz pada saat itu mentweet bahwa marinir yang blak-blakan itu melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada Menteri Pertahanan saat ini Lloyd Austin.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)