Dianggap Lambat Tangani Sindrom Havana, CIA Pecat Kepala Kantor di Wina

Jum'at, 24 September 2021 - 19:21 WIB
loading...
A A A
Surat kabar itu mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan memecat perwira tinggi di Wina akan mengirim pesan bahwa para pemimpin harus menganggap serius sindrom Havana.

Awal pekan ini terungkap, seorang petugas CIA yang melakukan perjalanan ke India bulan ini dengan Direktur CIA William J Burns telah melaporkan gejala sindrom tersebut.

Pada Agustus, penerbangan Wakil Presiden Kamala Harris dari Singapura ke Hanoi, Vietnam, sempat tertunda setelah seorang pejabat Amerika Serikat melaporkan gejala tersebut.

Studi ilmiah tentang mereka yang terkena dampak di Kuba, yang diterbitkan pada 2018, menemukan bahwa para diplomat telah mengalami bentuk cedera otak.

Tahun lalu, panel Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional AS menemukan penjelasan yang paling masuk akal adalah "energi frekuensi radio yang terarah dan berdenyut".

Pada Juni, Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Antony Blinken mengumumkan tinjauan penyebab penyakit tersebut.

Awal pekan ini, sumber pemerintah AS mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa satuan tugas khusus dibentuk dan dipimpin seorang pejabat CIA yang pernah terlibat dalam perburuan Pemimpin Al-Qaeda Osama Bin Laden.

Pada Juli, Burns mengatakan sekitar 200 pejabat dan kerabat AS telah mengalami sindrom Havana, sekitar 100 orang di antaranya adalah petugas CIA dan anggota keluarga mereka.

Dia juga sebelumnya mengatakan ada "kemungkinan yang sangat kuat" bahwa sindrom itu sengaja disebabkan, dan telah menyarankan Rusia bisa berada di baliknya. Tuduhan itu dibantah Moskow.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)