Ngemplang Pajak, AS Ciduk Pejabat Perusahaan Gas Rusia

loading...
Ngemplang Pajak, AS Ciduk Pejabat Perusahaan Gas Rusia
AS menangkap seorang pejabat perusahaan gas Rusia karena mengemplang pajak. Foto/Ilustrasi
WASHINGTON - Seorang manajer top produsen gas alam Rusia Novatek telah ditangkap di Amerika Serikat (AS) atas tuduhan penghindaran pajak terkait dengan rekening bank luar negeri yang diduga menyimpan puluhan juta dolar.

Departemen Kehakiman AS mengatakan pada 23 September Mark Gyetvay ditangkap setelah dewan juri federal di Florida mendakwanya sehari sebelumnya.

Novatek adalah produsen gas alam independen terbesar di Rusia. Gyetvay telah menjadi wajah perusahaan bagi investor Barat dan terdaftar sebagai wakil ketua dewan manajemen perusahaan di situs web perusahaan.

Gyetvay dituduh menipu AS dengan menyembunyikan kepemilikannya atas aset lepas pantai (offshore) dan dengan gagal membayar pajak pendapatan jutaan dolar.



Sebagai bagian dari paket kompensasinya sebagai chief financial officer Novatek dari tahun 2003 hingga 2014, Gyetvay diduga menerima opsi saham atau kompensasi berbasis saham lainnya.

Baca juga: Rusia Bermanuver dengan Rudal saat Ukraina dan AS Latihan Gabungan

Departemen Kehakiman AS mengatakan mulai tahun 2005, Gyetvay diduga membuka rekening bank Swiss untuk menyimpan aset-asetnya. Pada satu ini, rekening ini memiliki nilai total lebih dari $93 juta.

“Selama beberapa tahun, Gyetvay diduga mengambil langkah-langkah untuk menyembunyikan kepemilikan dan kendalinya atas rekening asing dan aset terkait, seperti mencopot dirinya sendiri dan menjadikan istrinya saat itu, warga negara Rusia, pemilik rekening yang menguntungkan,” kata Departemen Kehakiman AS seperti dikutip dari Radio Free Europe, Jumat (24/9/2021).

Rilis berita itu tidak mengidentifikasi istri Gyetvay. Dikatakan Gyetvay, yang bekerja sebagai akuntan publik bersertifikat (CPA) di Amerika Serikat dan Rusia, memegang paspor AS dan Rusia.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top