Mantan Pemimpin Catalan Ditahan di Sardinia

Jum'at, 24 September 2021 - 09:50 WIB
loading...
Mantan Pemimpin Catalan Ditahan di Sardinia
Eks pemimpin Catalan Carles Puigdemont ditahan di Sardinia, Italia. Foto/Time.news
A A A
BARCELONA - Mantan pemimpin Catalan yang melarikan diri dari Spanyol setelah upaya pemisahan diri yang gagal untuk wilayah timur laut pada 2017, Carles Puigdemont, ditahan di Sardinia, Italia , pada Kamis waktu setempat.

Puigdemont, yang tinggal di Belgia dan sekarang memegang kursi di Parlemen Eropa, telah berjuang melawan ekstradisi ke Spanyol. Ia dan para pemimpin Catalan lainnya dituduh telah menghasut kemerdekaan wilayah itu.

Pengacara Puigdemont, Gonzalo Boye mengatakan, kliennya ditahan ketika dia tiba di Sardinia, di mana dia akan menghadiri sebuah acara akhir pekan ini.



Alasan penahanan Puigdemont tidak segera jelas. Boye menulis di Twitter bahwa mantan presiden regional ditahan di bawah surat perintah penangkapan Eropa 2019, meskipun telah ditangguhkan seperti dikutip dari AP, Jumat (24/9/2021).

Polisi di bandara di Sardinia utara tidak menjawab panggilan telepon Kamis malam, sementara polisi di kota Alghero mengatakan mereka tidak mengetahui penahanannya.

Parlemen Eropa pada bulan Maret memilih untuk mencabut kekebalan Puigdemont dan dua rekannya. Pada bulan Juli, tiga anggota parlemen Uni Eropa gagal memulihkan kekebalan mereka setelah pengadilan umum Uni Eropa mengatakan mereka tidak menunjukkan bahwa mereka berisiko ditangkap.

Media Sardinia melaporkan awal pekan ini bahwa Puigdemont akan menghadiri sebuah acara di Alghero pada hari Minggu, jadi kehadirannya di pulau Mediterania sudah diharapkan. Media Sardinia juga melaporkan bahwa Puigdemont diundang oleh kelompok pro-separatis Sardinia.



Kantor Puigdemont mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia telah melakukan perjalanan ke Alghero dari Brussel untuk menghadiri festival cerita rakyat di mana dia ditahan pada saat kedatangan oleh polisi Italia. Pada hari Jumat Puigdemont akan muncul di depan seorang hakim di kota Sassari yang akan memutuskan apakah dia harus dibebaskan, kata pernyataan itu.

Puigdemont dan sejumlah rekan separatisnya melarikan diri ke Belgia pada Oktober 2017, karena takut ditangkap setelah mengadakan referendum kemerdekaan untuk Catalonia yang menurut pengadilan dan pemerintah Spanyol ilegal.

Sembilan separatis Catalan menerima hukuman penjara karena peran mereka dalam referendum 2017 mulai dari sembilan hingga 13 tahun. Mereka kemudian diampuni pada bulan Juli.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)