Mantan Pemimpin Catalan Ditahan di Sardinia

loading...
Mantan Pemimpin Catalan Ditahan di Sardinia
Eks pemimpin Catalan Carles Puigdemont ditahan di Sardinia, Italia. Foto/Time.news
BARCELONA - Mantan pemimpin Catalan yang melarikan diri dari Spanyol setelah upaya pemisahan diri yang gagal untuk wilayah timur laut pada 2017, Carles Puigdemont, ditahan di Sardinia, Italia , pada Kamis waktu setempat.

Puigdemont, yang tinggal di Belgia dan sekarang memegang kursi di Parlemen Eropa, telah berjuang melawan ekstradisi ke Spanyol. Ia dan para pemimpin Catalan lainnya dituduh telah menghasut kemerdekaan wilayah itu.

Pengacara Puigdemont, Gonzalo Boye mengatakan, kliennya ditahan ketika dia tiba di Sardinia, di mana dia akan menghadiri sebuah acara akhir pekan ini.

Baca juga: Koalisi Sipil di Swiss Gelar Pengadilan Pelanggaran HAM Rezim Turki



Alasan penahanan Puigdemont tidak segera jelas. Boye menulis di Twitter bahwa mantan presiden regional ditahan di bawah surat perintah penangkapan Eropa 2019, meskipun telah ditangguhkan seperti dikutip dari AP, Jumat (24/9/2021).

Polisi di bandara di Sardinia utara tidak menjawab panggilan telepon Kamis malam, sementara polisi di kota Alghero mengatakan mereka tidak mengetahui penahanannya.

Parlemen Eropa pada bulan Maret memilih untuk mencabut kekebalan Puigdemont dan dua rekannya. Pada bulan Juli, tiga anggota parlemen Uni Eropa gagal memulihkan kekebalan mereka setelah pengadilan umum Uni Eropa mengatakan mereka tidak menunjukkan bahwa mereka berisiko ditangkap.

Media Sardinia melaporkan awal pekan ini bahwa Puigdemont akan menghadiri sebuah acara di Alghero pada hari Minggu, jadi kehadirannya di pulau Mediterania sudah diharapkan. Media Sardinia juga melaporkan bahwa Puigdemont diundang oleh kelompok pro-separatis Sardinia.

Baca juga: Skyfall, Rudal Berhulu Ledak Nuklir Terbaru Rusia yang Bikin AS Ketar-ketir
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top