Ilmuwan China Sebut COVID-19 Pertama Muncul di AS

Kamis, 23 September 2021 - 08:46 WIB
loading...
Ilmuwan China Sebut COVID-19 Pertama Muncul di AS
Ilmuwan China menyebut COVID-19 pertama kali muncul di AS, bukan di Wuhan. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Menggunakan model matematika, kuartet ilmuwan China berpendapat bahwa kasus pertama COVID-19 muncul pertama kali di Amerika Serikat (AS). Menurut mereka penyakit yang disebabkan oleh virus Corona itu muncul antara April dan November 2019 di timur laut AS, jauh sebelum wabah di Wuhan , China.

“Hasil perhitungan menunjukkan bahwa epidemi COVID-19 di Amerika Serikat memiliki probabilitas tinggi untuk mulai menyebar sekitar September 2019,” kata makalah setebal 14 halaman yang diterbitkan pada hari Rabu di ChinaXiv, sebuah repositori yang dioperasikan oleh National Science Library Akademi Ilmu Pengetahuan China.

Makalah ini ditulis oleh Zhouwang Yang, Yunhe Hu, dan Zhiwei Ding dari University of Science and Technology of China, dan penulis koresponden Tiande Guo dari Akademi Ilmu Pengetahuan China.

Kuartet tersebut berangkat untuk menyimpulkan waktu asal pandemi berdasarkan metode berbasis data dan model hybrid.



"Mereka memodelkan tingkat tes positif agar sesuai dengan tren aktual dan menggunakan estimasi kuadrat terkecil untuk mendapatkan parameter model yang optimal, sebelum menerapkan estimasi kepadatan kernel untuk menyimpulkan waktu asal pandemi dengan probabilitas keyakinan spesifik," menurut makalah itu seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (23/9/2021).

Keempat peneliti juga mengklaim bahwa serangkaian penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa Amerika Serikat, Spanyol, Prancis, Italia, Brasil, dan negara-negara lain telah diserang oleh virus corona sebelum wabahnya di China.

Secara resmi, kasus pertama COVID-19 terdaftar di AS pada 20 Januari 2020 atau sekitar sebulan setelah wabah di kota Wuhan di China. Bagaimanapun para peneliti China berpendapat bahwa ada kemungkinan 50% dari kasus pertama di 11 negara bagian AS dan Distrik Columbia sebelum itu atau pada awal April 2019 di Rhode Island dan hingga akhir November tahun itu di Delaware.

Sampel mereka sebagian besar terdiri dari negara bagian timur laut AS - Massachusetts, Vermont, New Hampshire, Connecticut, Rhode Island, New York, New Jersey, Delaware, Pennsylvania, Maryland dan Virginia - dengan Michigan dan Louisiana dilemparkan ke dalam sebagai campuran.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)