Taliban vs ISIS, Sejarah Konflik Berdarah Keduanya

Selasa, 21 September 2021 - 15:26 WIB
loading...
Taliban vs ISIS, Sejarah Konflik Berdarah Keduanya
Anggota Pasukan Khusus Intelijen Taliban menjaga lapangan terbang militer di Kabul, Afghanistan, 5 September 2021. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Ketika ISIS Khorasan atau ISIS-K mengaku bertanggung jawab atas serangkaian serangan bom di Afghanistan yang menargetkan Taliban minggu ini, aksi teror tersebut menandai yang terbaru dalam sejarah konflik antara dua kelompok tersebut.

Sementara kembalinya Taliban ke kekuasaan di Afghanistan disambut dengan perayaan oleh banyak kelompok teror, ISIS adalah pengecualian.



Siapa Taliban dan ISIS?

Taliban dan ISIS sama-sama kelompok ekstremis yang berusaha membentuk negara otoriter di bawah interpretasi ketat mereka terhadap hukum Syariah Islam dan siap menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuan mereka.

Apa Perbedaan ISIS dan Taliban?

Meskipun ISIS dan Taliban adalah kelompok militan ekstremis, mereka berbeda dalam hal-hal kecil interpretasi agama dan strategi. Pertarungan itu telah menyebabkan pertempuran berdarah di antara keduanya. Perbedaan paling signifikan antara ISIS dan Taliban adalah dalam interpretasi ideologis dan penegakan hukum Syariah Islam versi mereka.

Salah satu aspek yang ditunjukkan oleh para ahli, seperti jurnalis Mah-Rukh Ali, adalah interpretasi kelompok tersebut tentang bagaimana memperlakukan perempuan di bawah hukum Syriah Islam versi mereka. Dalam sebuah makalah tahun 2015 yang diterbitkan oleh Institut Reuters untuk Studi Jurnalisme, Ali menyoroti bahwa ISIS menjadikan perempuan sebagai objek seksual dengan cara yang tidak dilakukan Taliban.

Jason Burke, koresponden asing untuk The Guardian yang dilansir Al Arabiya, Selasa (21/9/2021), mencatat bahwa kelompok-kelompok termasuk Taliban, yang telah menunjukkan pragmatisme yang lebih besar dalam beberapa tahun terakhir sangat kontras dengan mereka."Seperti ISIS, yang percaya pada kekerasan yang tak tanggung-tanggung, komitmen ekstrem terhadap kemurnian doktrin dan prediksi apokaliptik," katanya.

Apakah Taliban dan ISIS Bermusuhan?

Kedua kekuatan tersebut adalah musuh lama yang telah bertempur sengit sejak 2015 ketika ISIS membentuk lengan kelompok ekstremis di Provinsi Khorasan Afghanistan (ISKP) pada saat pertama kali berusaha memperluas jangkauan geografisnya di luar Irak dan Suriah.

Beberapa hari sebelum penarikan terakhir pasukan AS di Afghanistan, ISIS-K—lengan kelompok ekstremis ISIS di Afghanistan—melakukan bom bunuh diri di bandara Kabul. Pengeboman itu menewaskan 13 tentara AS dan lebih dari 100 warga Afghanistan, menjadi hari paling mematikan bagi militer AS di Afghanistan sejak 2011.

Yang paling menonjol, dalam pernyataan pertama kelompok itu setelah perebutan kekuasaan Afghanistan oleh Taliban. "ISIS pada dasarnya menyebut Taliban sebagai antek AS yang menyerahkan Afghanistan di atas piring perak," kata Mina Al-Lami, pakar dari BBC tentang pesan ekstremis, kepada NPR.

Bagaimana Sejarah Kejatuhan ISIS dan Taliban?

ISIS, yang sebenarnya dibentuk pada 1999 namun terkenal secara global pada 2014, mulai merekrut pembelot Taliban pada 2015, setelah mendirikan ISKP di Afghanistan.

Pasukan kedua kelompok berperang akhir tahun itu, setelah pemimpin Taliban Mullah Akhtar Mohammad Mansour meminta rekannya dari ISIS Abu Bakr al-Baghdadi untuk berhenti merekrut mantan milisi Taliban. Dia telah menyerukan kedua kelompok untuk bersatu di bawah kepemimpinan Taliban untuk mencapai tujuan bersama yaitu memerintah dengan hukum Syariah Islam versi mereka.

ISIS dan Taliban bertempur lagi pada tahun 2017, di provinsi Jowzjan, Afghanistan. Kekerasan berlanjut hingga ISKP “hampir seluruhnya diberantas” oleh pasukan AS dan Afghanistan pada 2019.

Taliban menandatangani kesepakatan damai dengan pemerintahan Donald Trump pada Februari 2020, serta menyetujui penarikan pasukan AS dari Afghanistan dalam 14 bulan, memungkinkan beberapa kekerasan lanjutan, meskipun pada level yang berkurang.

ISIS baru-baru ini mengkritik Taliban karena bekerja dengan pemerintah dan organisasi Barat, dan pernyataan terbarunya menunjukkan bahwa kelompok itu menganggap bahwa Taliban bersedia bekerja sama dengan Barat.

Apa Konflik Terbaru Sejak Taliban Berkuasa?

Pertempuran sengit telah terjadi antara Taliban dan afiliasi ISIS lokal di Afghanistan, setelah pengambilalihan kekuasaan. Beberapa hari setelah menguasai Kabul, menurut laporan Wall Street Journal, Taliban mengeklaim telah memindahkan mantan kepala ISIS di Asia Selatan, Abu Omar Khorasani, dari penjara Afghanistan sebelum mengeksekusinya “di tempat".

Pada hari Minggu, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangkaian serangan bom di Afghanistan di mana 35 anggota Taliban tewas atau terluka. Klaim itu diumumkan di saluran Telegram Amaaq, media propaganda ISIS.

TOLOnews, media di Afghanistan, melaporkan pada hari Minggu bahwa ledakan menargetkan kendaraan Taliban di kota Jalalabad, pusat provinsi Nangarhar. Serangan itu juga dikonfirmasi Bilal Karimi, wakil pejabat Taliban Zabihullah Mujahid.

ISIS dan Taliban juga berbeda sikap soal komunitas Muslim Syiah. "ISIS menganggap Muslim Syiah sesat,” imbuh Al-Lami. Warga sipil Syiah dianggap sebagai “target sah” oleh ISIS. Sedangkan Taliban tidak beranggapan demikian. Perbedaan pandangan ditunjukkan dalam deskripsi ISIS tentang Taliban sebagai kelompok “murtad.”

Kelompok-kelompok termasuk Taliban, yang telah menunjukkan pragmatisme yang lebih besar dalam beberapa tahun terakhir, sangat kontras dengan mereka."Seperti ISIS, yang percaya pada kekerasan yang tak tanggung-tanggung, komitmen ekstrem terhadap kemurnian doktrin dan prediksi apokaliptik," rangkum Burke.

ISIS vs Taliban: Kekhawatiran yang Berkembang

Pada kuartal pertama tahun 2021, Misi Bantuan PBB di Afghanistan mencatat 77 serangan yang diklaim oleh atau dikaitkan dengan ISKP. Burke menggambarkan faksi itu mungkin karakter paling jelek di bar Star Wars untuk ekstremis seperti Afghanistan.

Pada hari Sabtu pekan lalu, para pejabat AS mengatakan bahwa rute alternatif ke bandara Kabul sedang dibangun untuk melindungi warga sipil Afghanistan dan personel AS dari ancaman yang ditimbulkan oleh ISKP. Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kepada CNN bahwa ada kemungkinan kuat kelompok itu dapat mencoba melakukan serangan di bandara.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0855 seconds (0.1#10.140)