Australia Mengaku Ragu dengan Kemampuan Kapal Selam Buatan Prancis

Senin, 20 September 2021 - 17:49 WIB
loading...
Australia Mengaku Ragu dengan Kemampuan Kapal Selam Buatan Prancis
Perdana Menteri Australia, Scott Morrison akui bahwa pihaknya memiliki kekhawatiran serius tentang kemampuan kapal selam kelas serang yang dirancang Prancis. Foto/REUTERS
A A A
CANBERRA - Australia mengakui bahwa mereka memiliki kekhawatiran dalam dan serius tentang kemampuan kapal selam kelas serang yang dirancang Prancis . Canberra mengatakan, ini adalah salah satu alasan utama mereka membatalkan kesepakatan dengan Paris.

“Mereka akan memiliki banyak alasan untuk mengetahui bahwa kami memiliki kekhawatiran yang mendalam dan serius bahwa kemampuan yang diberikan oleh kapal selam kelas serang tidak akan memenuhi kepentingan strategis kami,” ucap Perdana Menteri Australia, Scott Morrison.

“Kami telah menjelaskan dengan sangat jelas bahwa kami akan membuat keputusan berdasarkan kepentingan nasional strategis kami,” sambungnya dalam sebuah pernyataan.

Morrison, seperti dilansir Sputnik pada Senin (20/9/2021), menuturkan bahwa Australia telah memperjelas kekhawatirannya kepada Prancis selama beberapa waktu.

"Ini adalah masalah yang saya angkat secara langsung beberapa bulan yang lalu dan kami terus membicarakan masalah itu, termasuk oleh menteri pertahanan dan lainnya. Ada berbagai masalah di awal kontrak dan di seluruh kontrak yang kami, dibahas dalam berbagai kesempatan," ujarnya.

Dia menuturkan, penilaian strategis berdasarkan saran intelijen dan pertahanan adalah bahwa kapal selam yang dirancang Prancis tidak akan menjadi pilihan terbaik.

"Dan, ketika kami dapat mengamankan kemampuan kapal selam tertinggi untuk mendukung operasi pertahanan kami, kami akan lalai jika tidak melakukannya," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)